yandex
Gaya HidupKesehatan

Jangan Takut Beraktifitas di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan memang mengubah aktifitas kehidupan kita sehari-hari. Tak heran jikalau nantinya selama menjalankan ibadahPuasa tubuh sering kali merasa lemas dan kurang berenergi. Tapinya, itu bukan alasan untuk menghentikan olahraga selama sebulan penuh.

National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia dr. Alia Basamalah mengutarakan bahwa, tetap latihan jasmani atau olahraga di bulan Puasa amat penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap berjalan optimal.

“Metabolisme itu seperti roda yang berotasi. Orang yang enggak biasa olahraga, jalannya metabolisme lebih lambat. Metabolisme berkurang, berat badan akan lebih mudah nambah,” ucap Alia di Fitness First Senayan City, Jakarta, pada hari Kamis kemarin.

Pasal lainnya, olahraga di bulan Puasa juga tuk menjaga massa otot, level kardio, performa tubuh, dan menjaga berat badan ideal. Menyisihkan kegiatan olahraga selama bulan Puasa bisa mengakibatkan perubahan metabolisme tubuh, hingga kekuatan otot.

Jikalau nantinya kita “berpuasa” olahraga selama sebulan penuh, seusai bulan Ramadhan lewat, ujung-ujungnya banyak orang yang harus berusaha lebih keras lagi untuk mengembalikan kebiasaan olahraganya.

Alia menerangkan, jangan cemas akan kehausan atau kurang berenergi karena berolahraga di bulan puasa. Semua bisa dipaskan dengan waktu dan intensitas berolahraga.

Menurut Alia, ada tiga opsi waktu aman buat berolahraga, yaitu sesaat sebelum berbuka Puasa atau pada sore hari, setelah berbuka Puasa tapinya sebelum makan malam, dan setelah makan malam.

“Tapinya itu ditentukan dengan kemampuan masing-masing. Paling tidak dua sampai tiga kali dalam seminggu,” ujar Alia.

Jauhi olahraga yang berat atau yang berada di bawah sinar terik matahari karena bisa membuat pengeluaran cairan yang berlebihan. Alia menganjurkan, pilihlah olahraga mulai dari intensitas ringan dan sedang selama 20-30 menit.

“Di sisi lain, asupan makanan saat sahur dan berbuka Puasa juga harus diteratur agar tetap sehat dan bugar selama puasa. “Tetap menjaga level hidrasi. Saat sahur, minumlah cukup air, protein, lemak baik, dan karbohidrat kompleks yang seimbang,” anjurannya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button