Berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki, faktanya mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan kita lho. Bahkan hal ini dipercayai oleh banyak orang dan mereka menganggap cara ini sebagai terapi yang mampu meningkatkan kebugaran dan vitalitas tubuh, serta mengatasi beragam jenis penyakit yang mengancam.

Dalam hal ini, anda perlu merasa takut untuk melepaskan alas kaki anda ketika jalan pagi. Selain mampu menyehatkan tubuh, tapinya manfaat jalan kaki tanpa alas juga sangat efektif untuk menjadikan tubuh anda lebih rileks dan tenang, sehingga risiko stress dapat dihindari. Hal itu berkat suasana pagi hari yang menyejukkan. Nah, dibawah ini akan dibahan secara lengkap apa saja manfaat jalan kaki tanpa menggunakan alas kaki untuk kesehatan. yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Memelihara kesehatan jantung

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa orang-orang yang secara rutin melakukan jalan kaki di pagi hari tanpa menyertakan alas kaki, maka risiko mengidap penyakit jantung lebih rendah apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya. Tak hanya itu, manfaat jalan kaki juga akan kita peroleh untuk meminimalisir sakit kepala dan masalah perut kembung.

2. Mengatasi masalah insomnia

Manfaat jalan kaki tanpa alas yang berikutnya adalah meluputkan masalah insomnia yang menjengkelkan. Pada dasarnya, insomnia merupakan salah satu gangguan tidur yang mengakibatkan penderinya kesulitan tidur di malam hari. Apabila masalah ini terus dibiarkan berlarut-larut, maka akan berimbas buruk bagi kesehatan anda. Karena itu, bagi anda pengidap insomnia, cobalah untuk runtin berjalan kaki tanpa menggunakan alas untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal dan masalah insomnia pun teratasi.

3. Meningkatkan mood

Tak hanya mampu memberikan manfaat untuk kesehatan saja, tapinya jalan kaki tanpa alas ini juga mampu membantu meningkatkan mood anda. Sesuai dengan sebuah studi yang ada, disebutkan bahwa orang-orang yang rajin jalan kaki tanpa alas lebih cenderung memliki suasana hati yang baik apabila dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukannya.

4. Menjadikan tubuh lebih bugar dan sehat

Manfaat jalan kaki tanpa alas yang selanjutnya ialah mampu menyehatkan serta menjadikan tubuh lebih bugar dan prima. Orang-orang yang melakukan kebiasaan ini secara rutin akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik. Kondisi ini akan menjadikan seseorang tidak mudah terserang penyakit yang membahayakan.

5. Memperlancar sirkulasi darah

Kebiasaan yang satu ini juga mampu memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh kita. Jika sirkulasi darah kita lancar, maka hal ini akan menjadikan tubuh kita menjadi lebih sehat serta terluputkan dari beragam penyakit berbahaya yang ingin menyerang.

6. Mempercepat proses pemulihan

Rutin berjalan kaki tanpa menggunakan alas pada pagi hari juga mampu mempercepat proses pemulihan tubuh. Apabila kondisi badan anda sedang kurang sehat atau dalam proses pemulihan, maka manfaat jalan kaki tanpa alas ini bisa anda rasakan. Lakukan kebiasaan ini di pagi hari, minimalnya selama 3o menit setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Meminimalisir stress

Untuk anda yang kerap mengalami stress akibat padatnya aktivitas maupun adanya persoalan hidup yang berat, cobalah untuk rutin melakukan jalan kaki di pagi hari tanpa menggunakan alas kaki. Suasana sejuk dan kesegaran akan anda rasakan sehingga menjadikan otak kita lebih segar. Kondisi tersebut sangat efektif untuk meminimalisir stress yang dialami. Tak hanya itu, sentuhan langsung antara kaki dengan bebatuan kecil juga akan memberikan sensasi pijatan yang akan menjadikan otot-otot tubuh semakin rileks.