Honda termasuk sebagai perusahaan otomotif yang mempunyai sejuta pesona di kalangan konsumennya, apalagi untuk produk mogenya yang menjadikan siapa pun yang melihatnya bakal tergoda untuk memilikinya. Kali ini, produsen asal Jepang itu menghadirkan motor anyarnya yang mengusung nama Honda CBR1000RR dengan desain yang gahar dan sporty.

Mengusung desain bodi yang bongsor dengan dimensi 2.080 x 720 x 1.141 mm dan berat 210 kg untuk versi ABS, sedangkan versi regulernya mempunyai bobot 199kg sehingga akan sangat sulit jika penggunanya memiliki tubuh yang kecil. Meski demikian, keseimbangannya tetap terjaga dengan baik berkat dibekalinya rangka jenis Diamon Frame, lengkap dengan jaraknya terhadap tanah sebesar 130 mm, sehingga menghasilkan keseimbangan lebih ketika digunakan berkendara.

Honda CBR1000RR menawarkan tingkat kenyamanan yang cukup tinggi berkat disematkannya stang jepit jenis Under Yorke, dengan desain jok yang lebih kebelakang, sehingga akan memberikan kenyamanan saat digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh. Di bagian depannya, motor ini dibekali dengan head lamp yang mengusung konsep Dual Keen eyes, serta lampu LED Proyektor yang mampu mengoptimalkan pencahayaannya di kondisi gelap.

Setara dengan harga Honda CBR1000RR yang dibanderol sangat mahal, motor ini disenjatai dengan mesin 4 tak bertipe DOHC yang mempunyai 4 silinder segaris serta kubikasi mesin sebesar 999.8cc yang dijalankan pada sistem bahan bakar PGM-DFSI (Programmed Dual Stage Fuel Injection), lengkap dengan transmisi manual 6-speed.

Berkat mesin yang dimilikinya, motor ini mampu diajak berkendara dengan kecepatan maksimal mencapai 133 kW pada rotasi mesin 12.250 RPM, sementara untuk nilai torsinya mencapai 114 NM di setiap 10.500 RPM. Meski pun mampu menghasilkan tenaga super, berkat dibenaminya teknologi bahan bakar yang canggih, Honda CBR1000RR hanya menghabiskan bahan bakar 17,85 km/liter saja.

Lebih dari itu, motor Honda CBR1000RR disenjatai dengan beragam fitur andalan yang semakin menjadikannya tampil lebih sempurna. Salah satunya adalah fitur Fitur HESD ( Honda Electronic Steering Damper) yang berfungsi untuk mengontrol daya redam sesuai kecepatan serta akselerasi yang dihasilkan mobil.

Tak hanya itu, terdapat pula fitur HISS (Honda Ignition Security System) dimana fitur ini mempunyai cara kerja untuk memberikan kenyamanan kepada para penggunanya saat menggunakan motor ini di parkiran maupun di tempat-tempat yang sepi sekalipun. Dengan dibenaminya fitur HISS, Honda CBR1000RR juga bisa dinyalakan mesinnya dengan kunci asli bawaan dari pertama kali si pengguna membelinya dan tidak dapat dinyalakan dengan kunci duplikat sekalipun.

Di sisi pengeremannya, Honda CBR disenjatai dengan kedua kaki yang mengusung Dual Hydraulic Disc yang masing-masingnya mempunyai ukuran luas sebesar 320 x 4.5 mm dengan 4-Piston Brembo Monobloc Caliper, sedangkan di sisi belakangnya, motor ini dibenami Hydraulic Disc berdimensi 220 x 5 mm yang didukung oleh caliper tunggal dari bahan metal.

Menariknya lagi, untuk membuat sistem pengeremannya lebih sempurna, Honda CBR1000RR dibekali dengan teknologi revolusioner eC-ABS yang berfungsi untuk menyesuaikan keras atau tidaknya ketika pengguna menarik ktuas rem di tangan. Dengan demikian, pengguna akan lebih terjamin keamanannya walaupun melakukan pengereman secara mendadak selagi dikendarai dengan kecepatan tinggi. Dengan mengusung fitur dan teknologi canggih tersebut, tak heran jika harga motor anyar Honda ini dibanderol sangat mahal.