Apakah anda termasuk orang yang suka mengasup ikan salmon? Selain punya rasa yang nikmat, ikan salmon mengandung beragam nutrisi yang memberikan kesehatan untuk tubuh. Khasiat ikan salmon juga berperan krusial bagi ibu hamil. Berbagai nutrisi yang dimilikinya diyakini punya pengaruh yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Di masa kehamilan, sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah memperhatikan makanan yang diasup setiap harinya. Tubuh membutuhkan gizi seimbang agar janin bisa berkembang dan tumbuh dengan baik serta sehat.

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang banyak diasup lantaran punya beragam manfaat. Walaupun harganya yang terbilang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, namun jenis ikan yang satu ini tetap diminati banyak orang. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan salmon untuk ibu hamil yang perlu anda ketahui.

1. Meningkatkan berat badan janin

Bayi dikatakan normal ketika ia lahir dengan berat badan diatas 2500 gram. Apabila kurang dari angka tersebut, hal itu bisa menimbulkan ketidakseimbangan pada tubuh bayi. Dengan manfaat minyak ikan salmon bagi ibu hamil bisa membantu mendongkrak berat badan pada janin di dalam kandungan.

2. Pertumbuhan tulang dan gigi bayi

Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan mengasup minyak ikan salmon selama masa hamil akan membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Manfaat ikan salmon bagi ibu hamil ini berkat vitamin D dan A yang dikandungnya, sehingga pertumbuhan tulang dan gigi dapat berlangsung dengan maksimal.

3. Mencegah risiko hipertensi

Perlu anda ketahui bahwa ibu hamil juga punya resiko mengalami tekanan darah tinggi yang dipicu oleh beragam faktor, seperti fisik dan mental. Dengan manfaat ikan salmon untuk ibu hamil yang kaya nutrisi ini mampu menyeimbangkan tekanan darah di dalam tubuh dan mencegah ibu hamil dari hipertensi.

4. Mencerdaskan otak anak

Mengasup ikan salmon di masa kehamilan juga sangat berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Ikan salmon mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk mendongkrak sistem kekebalan tubuh anak dan dari susunan sistem saraf pada janin.

5. Mencegah bayi terlahir prematur

Salah satu manfaat ikan salmon bagi ibu hamil yang perlu diketahui adalah untuk mencegah terjadinya bayi terlahir prematur. Kelahiran bayi sebelum waktunya bisa terjadi karena beragam faktor seperti hipertensi. Dengan mengasup ikan salmon, maka akan mencegah gangguan sirkulasi darah yang menimbulkan resiko hipertensi. Dengan demikian, hal tersebut bisa mencegah ibu hamil melahirkan secara prematur.

6. Berperan sebagai anti inflamasi

Di masa kehamilan, sering dijumpai ibu hamil yang mengalami sariawan. Hal ini dapat dipicu oleh gangguan hormon dan anjloknya kekebalan tubuh ibu. Mengasup minyak ikan salmon akan mampu membantu tubuh untuk mengatasi peradangan karena minyak ini punya kandungan EPA yang berperan sebagai anti-inflamasi alami. Akan tetapi, anda pun harus memperhatikan penggunaanya agar tidak berlebihan.

7. Mencegah Depresi

Manfaat ikan salmon untuk ibu hamil yang tak kalah pentingnya adalah untuk mencegah depresi. Pasalnya, dimasa kehamilan tak jarang ibu hamil mengalami depresi atau gangguan psikologis. Hal ini tentunya dapat disebabkan oleh faktor eksternal ataupun internal. Sebuah studi membuktikan bahwa kandungan EPA, DHA, dan Omega 3 yang dimiliki ikan ini mampu mencegah atau mengurang tingkat depresi pada ibu hamil.