Awal tahun sudah tiba, tiba saatnya jendela bursa transfer pemain musim ini juga akan segera dimulai. Tak sedikit klub-klub besar yang ada berlomba-lomba untuk mendatangkan para pemain yang diincarnya demi memperkuat skuadnya.

Bahkan di awal musim ini, sudah ada dua nama pemain yang masuk dalam daftar transfer pemain termahal, yakni Oscar yang dilego Chelsea ke Changhai SIPG dan Julian Drexler yang diboyong PSG dari Wolfsburg.

Berbeda dengan bursa transfer pemain di musim panas, musim dingin kali ini biasanya tidak banyak pemain yang dilego dengan harga yang fantastis. Meski demikian, bukan berarti tidak ada klub yang berani merogoh kocek yang dalam untuk mendatangkan pemain incarannya di awal tahun tahun 2017 ini.

Buktinya, Shanghai SIPG mampu melakukan hal tersebut melalui transfer Oscar dengan harga yang cukup fantastis. Nah dibawah ini akan diulas tentang siapa saja pemain yang masuk dalam daftar transfer pemain termahal.

1. Juan Mata

Pada bursa transfer musim ini, Chelsea mengawalinya dengan melego Juan Mata ke Manchester United dengan jumlah yang fantastis. Saat itu, klub asuhan Jose Mourinho itu harus menggelontorkan uang sebesar 44,73 juta pounds atau setara dengan Rp 756 miliar.

Kala itu, pemain berkebangsaan Spanyol itu terpaksa dilego oleh Chelsea lantaran tidak cocok dengan sang pelatih, yakni Jose Mourinho yang saat itu menjadi juru racik Chelsea. Menariknya, saat ini The Red Devils kembali ditukangi oleh Mourinho dan otomatis mereka dipertemukan kembali.

Berbeda saat bermain di Chelsea, kali ini Juan Mata mendapatkan kepercayaan yang cukup besar dari Jose Mourinho. Pemain kelahiran 28 April 1988 itu, kini didaulat sebagai tulang punggung dalam skuad asuhannya itu.

2. Fernando Torres

Fernando Torres masuk dalam daftar transfer pemain termahal di bursa transfer musim dingin. Pemain sepak bola asal Spanyol itu dilego dari Liverpool dengan nilai transfer sebesar 50 juta pounds atau sama dengan Rp 1 triliun. Meski demikian, Torres sama sekali tidak terbebani dengan tingginya nilai transfer yang dibayar Chelsea.

Selama 4 musim, Torres justru menampilkan performa yang kurang memuaskan, yakni hanya 20 gol saja yang diciptakannya di Liga Inggris. Setelah itu, pemain bola termahal asal Spanyol itu memutuskan untuk berlabuh ke Atletico Madrid, klub yang telah membesarkan namanya.

fernando-torres

3. Oscar

Tidak hanya Juan Mata saja, di bursa transfer musim dingin Chelsea juga melakukan transfer pemain lainnya, yakni Oscar. Pemain berkebangsaan Brasil itu dibeli Shanghai SIPG dari Chelsea dengan nilai transfer mencapai 60 juta euro atau setara dengan Rp 846 juta.

Selama bergabung bersama Chelsea, sebenarnya performa Oscar tidaklah buruk seperti apa yang diperkirakan. Namun yang menjadi masalahnya adalah kurang baiknya hubungan Oscar dengan supporter Chelsea, sehingga pemain berusia 25 tahun itu mengambil keputusan untuk melanjutkan sepak terjangnya di Tiongkok.

4. Alex Teixeira

Nama Alex Teixeira juga masuk dalam transfer pemain termahal di musim dingin, tepatnya ketika Shanghai SIPG mendapatkannya dari Shakhtar. Kepindahan pemain berkebangsaan Brasil itu berhasil dilakukan dengan nilai transfer sebesar 50 juta euro atau sama dengan Rp 705 juta. Di Shanghai SIPG, Alex pun akan bersaing dengan Oscar yang juga berhasil direkrut klub asuhan Andre Villas-Boas itu.

5. Julien Draxler

Pada bursa transfer pemain musim ini, akhirnya Wolfsburg bersedia untuk melego Julien Draxler. Namun, pemain berkebangsaan Jerman itu malah dijual ke PSG, padahal sebelumnya sangat banyak klub-klub besar yang meminatinya, salah satunya adalah Juventus. PSG berhasil mendapatkan Julien Draxler dengan nilai transfer yang cukup fantastis, yakni 42 juta euro atau setara dengan Rp 591 juta.