yandex
Kesehatan

Inilah Sederetan Manfaat Minyak Kelapa Yang Perlu Diketahui

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis minyak nabati yang kerap dijumpai di kalangan masyarakat. Seperti yang telah kita ketahui, manfaat minyak kelapa sangatlah beragam. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapinya khasiat minyak kelapa juga dapat dirasakan untuk rambut dan kulit lho. Nah, dibawah ini akan dibahas terkait beragam manfaat minyak kelapa yang kerap terlupakan oleh sebagian besar masyarakat. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Menurunkan berat badan

Sejumlah peneliti yang berasal dari Garvan Institute of Medical Research menyebutkan, diet dengan memanfaatkan minyak kelapa akan mampu meluputkan tubuh seseorang lemak jahat dan menjaganya dari resistensi insulin. Pasalnya, didalam minyak kelapa murni ini terkandung rantai menengah asam lemak atau yang dikenal dengan medium-chain fatty acids (MCFAs).

Perlu kita ketahui bahwa MCFAs lebih mudah diserap secara langsung, sehingga bisa segera dibakar dan dirubah sebagai energi. Tak hanya itu, minyak kelapa juga kaya akan kandungan asam laurat yang mampu meluputkan virus maupun baketeri jahat di dalam tubuh dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

2. Melenyapkan kuman-kuman pada mulut

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Athlone Institute of Technology, Irlandia, disebutkan bahwa minyak kelapa murni dapat dijadikan sebagai bahan aktif pada pasta gigi, pasalnya minyak kelapa akan membentuk senyawa ketika bereaksi dengan enzim-enzim pada mulut untuk melenyapkan kuman-kuman dan bakteri jahat yang ada di dalamnya.

Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa minyak kelapa dinilai sebagai pembasmi kuman yang lebih aman apabila dibandingkan dengan antibiotik. Bahkan, penggunaan minyak kelapa ini telah dijadikan sebagai pengobatan tradisional bagi masalah pada mulut di India sejak 3.000 tahun yang lalu.

Dalam hal ini, manfaat minyak kelapa diantaranya mampu meluputkan masalah radang gusi dan pembentukan plak yang menyebabkan bau mulut. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk berkumur selama 5 sampai 10 menit. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Menghilangkan kutu rambut

Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga dapat dirasakan untuk melenyapkan kutu rambut. Dalam penggunaannya, anda hanya perlu membalut rambut dengan minyak kelapa lalu menyisirkannya dengan sisir kutu. Ambil sedikit bagian rambut anda, usapkan dengan minyak kelapa, lalu sisir menggunakan serit untuk mengusir kutu-kutu rambut yang menjengkelkan. Upayakan untuk mencuci sisir kutu tersebut setelah menggunakannya supaya kutu tidak kembali menempel pada rambut anda.

4. Membantu membasmi atau mengatasi infeksi darah akibat jamur Candida

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal American Society for Microbiology Sphere, dilakukan percobaan terhadap seekor tikus. Tikus tersebut melakukan diet tinggi lemak dengan diberi minyak kelapa, minyak kedelai, dan lemak sapi. Hasilnya, tikus tersebut mempunyai jamur Candida albicans yang lebih rendah, yakni sebesar 10 kali lipatnya apabila dibandingkan dengan tikus yang menjalani diet biasa. Perlu anda ketahui, jamur Candida Albicans ini merupakan penyebab infeksi darah di dalam tubuh.

5. Membantu mengatasi ruam akibat popok

Manfaat minyak kelapa yang lain adalah membantu meluputkan ruam akibat popok pada bayi. Pasalnya, minyak kelapa alami ini miliki sifat sebagai antiseptik sehingga dapat meminimalisir kemerahan pada bagian pantat bayi anda. Dalam penggunaannya, oleskanlah minyak kelapa pada bagian pantat bayi dan pijatkan secara perlahan. Dr Eddy Karta, SpKK dari Edmo Clinic Jakarta Selatan menyebutkan bahwa minyak kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button