yandex
Kesehatan

Inilah Pantangan Makanan Yang Patut Dihindarkan Bagi Ibu Hamil

Bagi setiap ibu hamil, sangat diwajibkan untuk selalu menjaga asupan makanan setiap harinya. Di dalam kandungan, janin membutuhkan nutrisi yang maksimal dari beragam jenis makanan sehat yang diasup. Tapinya, tidak semua jenis makanan boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Oleh karena itu, diwajibkan bagi setiap ibu hamil untuk memperhatikan beragam jenis makanan yang diasup setiap harinya guna memaksimalkan tumbuh kembang sang janin. Dibawah ini adalah beberapa pantangan makanan untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan.

1. Sayuran mentah

Mengasup sayuran memang sangat disarankan bagi setiap orang, khususnya untuk ibu hamil. Tapinya, ibu hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi sayuran yang masih mentah, seperti lalapan, mentimun, maupun keredok yang tidak bisa dijamin kebersihannya, sehingga sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Tidak hanya karena sisa pestisida yang kemungkinan tidak seutuhnya bersih, adanya kuman pada sayuran yang masih mentah juga patut untuk diwaspadai. Sebaiknya, ibu hamil mengasup sayuran yang sudah diolah dulu menjadi hidangan yang sehat dan nikmat.

2. Buah nanas

Nanas memang sudah dikenal sebagai salah satu jenis buah yang tidak boleh diasup oleh ibu hamil. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa kandungan Bromelain yang dimiliki buah ini dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim serta bisa melemahkan leher rahim si ibu. Hal inilah yang menjadikan seorang wanita hamil bisa mengalami keguguran.

3. Daging mentah

Sama halnya dengan sayuran mentah, mengasup daging mentah juga tidak dianjurkan bagi setiap ibu hamil. Misalnya, ikan yang diolah dalam bentuk sushi, telur setengah matang, maupun steak yang proses pengolahannya tidak maksimal. Pasalnya, beragam jenis daging maupun ikan mentah memiliki kandungan bakteri, parasit, maupun virus yang mampu menyebabkan penyakit untuk janin dan ibu.

Demikian pula halnya dengan telur setengah matang. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa di dalam telur yang pengolahannya tidak sempurna memiliki kuman Salmonella yang sangat berbahaya bagi kesehatan si ibu maupun kesehatan janin. Oleh karena itu, bagi setiap ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya.

4. Produk olahan susu yang belum dipasteurisasi

Pantangan makanan yang harus dihindarkan bagi setiap ibu hamil adalah produk olahan susu yang belum melalui proses pasteurisasi. Pasalnya, susu yang belum melalui proses pengolahan tersebut mempunyai kandungan kuman Listeria yang tinggi, sehingga sangat membahayakan keselamatan ibu dan juga sang bayi.

5. Minuman berkafein

Mengasup minuman berkafein seperti, kopi dan teh juga menjadi pantangan makanan bagi setiap wanita hamil. Memang jenis minuman yang satu ini mampu meluputkan rasa kantuk, tapinya minuman berkafein juga mampu meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, serta meningkatkan frekuensi buang air kecil dan juga diare.

Hal itulah yang menjadi alasan mengapa mengasup kafein tidak dianjurkan dan harus dibatasi karena mampu mengganggu tumbuh kembangnya sang janin. Beragam jenis makanan lainnya yang juga mengandung kafein adalah cokelat, minuman bersoda, dan minuman berenergi lainnya.

6. Minuman beralkohol

Pantangan makanan yang berikutnya untuk ibu hamil adalah minuman beralkohol. Jenis minuman yang satu ini patut dihindarkan bagi setiap ibu hamil. Pasalnya, wanita hamil yang mengasup minuman beralkohol, minuman ini akan menembus plasenta dan diterima oleh sang janin.

Kondisi tersebut tentunya sangat membahayakan proses tumbuh dan kembangnya janin, utamanya pada proses pembentukan sistem saraf. Bahkan banyak kasus yang sudah membuktikan jika ibu hamil yang mengkonsumsi minuman beralkohol, bayi yang dilahirkannya akan mengalami cacat, baik mental maupun fisik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button