yandex
Internasional

Inilah Dampak yang Terjadi buat Warga Indonesia Jika Yunani Bangkrut

DUAKALI.COM, Krisis yang terjadi di Negera Yunani membuat negara tersebut di ambang kebangkrutan. Apakah ada pengaruh bagi Indonesia jika Yunani bangkrut, seperti yang diketahui bahwa Indonesia menjalin kerjasama dengan Yunani. Dan bagaimana dengan warga Indonesia yang bekerja di sana?

Menurut Kementerian Luar Negeri Indonesia, ada sekitar 1.000 warga Indonesia berada di Yunani. Mereka rata-rata bekerja di sektor informal. Mereka inilah yang akan merasakan dampak langsung dari kondisi ekonomi di Yunani.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nassir, mengatakan, Indonesia memang menjalin kerjasama dengan Yunani tapi krisis di negara itu tidak akan berdampak besar pada Indonesia.

“Memang kita ketahui Yunani sedang menghadapi masa sulit, di mana mereka tidak dapat membayar utangnya kepada IMF yang sudah jatuh tempo. Dalam keadaan ekonomi yang sedang terakit ini, memang dampaknya pertama-tama akan terasa ke negara-negara yang dekat dengan Yunani, yakni negara Uni Eropa (UE),” kata Arrmanatha, Kamis (2/7/2015) seperti dilansir oleh sindonews.com dari Rueters.

“Untuk Indonesia sendiri, kita memliki hubungan yang baik dengan Yunani, dengan nilai kerjasama perdagangan sebesar USD200 juta atau sekira Rp2,6 triliun. Mungkin ekspor kita akan sedikit berdampak ke sana, yang umumnya produk kelapa sawit dan komoditas pertanian,” ujarnya.

Menurut Arrmanatha, para WNI yang ada di Yunani, kemungkinan akan kehilangan pekerjaan. Hal itu wajar, mengingat krisis ekonomi yang dialami Yunani sudah parah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button