Rambut yang sehat dan indah adalah dambaan setiap orang, utamanya bagi wanita. Tak heran jika banyak dari mereka yang rela menghabiskan banyak uang untuk melakukan beragam perawatan. Sejatinya, selain melakukan perawatan rambut di salon, cara alami yang dapat dilakukan untuk mewujudkan harapan tersebut adalah mengasup makanan sehat yang vital untuk kesehatan rambut. Nah, dibawah ini akan diulas terkait daftar makanan sehat yang mampu meningkatkan kesehatan dan keindahan rambut.

1. Kenari

Salah satu jenis makanan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega-3 adalah kenari. Tak hanya itu, kenari juga kaya akan kandungan vitamin E dan biotin yang mampu memproteksi sel-sel dari kerusakan DNA. Perlu kita ketahui, salah satu penyebab rambut rontok adalah kurangnya asupan biotin, untuk itu kenari bisa menjadi pilihan makanan yang tepat untuk menyehatkan rambut anda dan menjadikannya semakin berkilau.

2. Ikan Salmon

Mengasup ikan salmon juga sangat direkomendasikan untuk menyehatkan rambut, karena jenis ikan yang satu ini memiliki kandungan vitamin D dan protein yang tinggi, sehingga mampu menguatkan rambut. Selain itu, lemak omega-3 juga dimiliki jenis ikan yang satu ini, sehingga sangat berperan vital untuk kesehatan rambut. Tak hanya ikan salmon, anda juga bisa mendapatkan manfaat ini dari beragam jenis ikan lainnya seperti ikan sarden dan juga makarel.

Inilah Daftar Makanan Sehat Untuk Sehatkan Rambut Anda 1

3. Ubi jalar

Jenis umbi-umbian juga bisa menjadi makanan terbaik untuk menyehatkan rambut anda adalah ubi jalar. Pasalnya, jenis umbi-umbian yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan, beta karoten, dan vitamin A yang mampu membantu menyehatkan kulit kepala dan melenyapkan masalah ketombe serta rasa gatal.

4. Tiram

Kesehatan rambut juga dapat dijaga dengan mengasup tiram. Pasalnya, jenis makanan yang satu ini kaya akan kandungan seng, sehingga mampu mencegah terjadinya kerontokan rambut, dan beberapa gangguan kulit kepala lainnya. Tak hanya itu, jenis makanan yang satu ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Tanpa terpenuhinya asupan protein, maka akan menyebabkan rambut mudah kering, rapuh, dan patah-patah.

5. Bayam

Untuk menjaga kesehatan rambut, anda juga bisa mengasup bayam sebagai salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan kandungan vitamin C, beta karoten, folat, dan zat besi yang mampu menyehatkan folikel rambut serta kulit kepala. Tak hanya bayam, kandungan ini juga dapat anda jumpai pada brokoli, lobak, serta kale yang juga mampu membantu menutrisi rambut anda.

6. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan sehat yang mempunyai 4 nutrisi penting bagi tubuh, yakni zat besi, seng, belerang, dan selenium. Sejatinya, kandungan zat besi yang dimiliki telur mampu membantu mentransformasi oksigen ke bagian rambut anda. Jika seseorang kekurangan zat besi, maka akan mengalami kerontokan rambut. Selain telur, kandungan ini juga banyak dimiliki oleh ikan, daging sapi, dan juga ayam.

Inilah Daftar Makanan Sehat Untuk Sehatkan Rambut Anda 2

7. Yoghurt Yunani

Tak hanya mampu menyehatkan sistem pencernaan, yoghurt juga mempunyai manfaat untuk menyehatkan rambut. Dengan mengasup yoghurt, maka tubuh akan mendapatkan asupan protein, vitamin B5 dan vitamin D yang telah terbukti keampuhannya untuk menyehatkan rambut dan menjadikannya tetap indah berkilau.

8. Kacang kedelai

Selain kenari, jenis kacang lainnya yang mampu meningkatkan kesehatan rambut adalah kedelai. Di dalamnya, jenis kacang yang satu ini mengandung biotin, seng, protein, dan zat besi yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut dan menjadikanya tetap sehat serta terjaga keindahannya. Tidak hanya kedelai, anda juga mengasup kacang merah yang miliki kandungan serupa.