yandex
Kesehatan

Inilah Cirinya Tuk Anda Mengenali Tubuh Alami Kelebihan Protein

Mengasup makanan yang mengandung protein tinggi secara berlebih memang disarankan guna memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Akan tetapi, ketika anda mengkonsumsinya secara berlebih, justru yang akan terjadi adalah ketidakseimbangan.

Sejumlah ahli gizi merekomendasikan seorang pria dewasa untuk mengasup protein setiap harinya sebesar 56 gram, sedangkan untuk pria ialah 46 gram. Sementara itu untuk wanita hamil, lansia, dan seseorang di masa pemulihan, jumlah tersebut mesti ditambah sebanyak 25 persen lagi. Jumlah tersebut diklaim sudah mampu mencukupi kebutuhan protein setiap harinya. Dibawah ini adalah beberapa tanda-tanda bahwa anda asupan protein yang anda konsumsi berlebihan.

1. Dehidrasi

Kekurangan cairan, sejatinya terjadi apabila kinerja organ ginjal dalam tubuh anda terganggu. Dengan begitu, anda pun harus mengasup banyak cairan guna membersihkan nitrogen akibat kadar protein yang terlalu berlebihan di dalam tubuh.

2. Berat badan bertambah

Terlalu berlebihan dalam mengasup makanan berprotein secara berlebih akan memicu bertambahnya berat badan anda secara signifikan. Utamanya jika anda tidak mengurangi jumlah nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh. Kondisi itu membuat berat anda semakin cepat bertambah.

3. Bau mulut

Apabila anda merasa bau mulut, itu ialah salah satu tanda jika protein yang diasup terlalu berlebihan. Hal ini terjadi lantaran tubuh membakar lemak lebih banyak jika dibandingkan dengan membakar karbohidrat. Energi hasil pembakaran lemak itu mampu memunculkan aroma tak sedap pada mulut anda.

4. Gangguan pencernaan

Berlebihannya sumber protein yang ada di dalam sistem cerna mampu memicu beragam masalah, misalnya mual, perut kembung, maupun sembelit. Enzim pencernaan yang diperlukan untuk mengolah protein akhirnya mampu memicu masalah bagi sistem cerna anda.

Untuk itu, setelah membaca artikel ini, anda dianjurkan untuk selalu menjadi kesetaraan dalam mengasup nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini harus dilakukan agar tubuh anda tetap sehat dan terhindar dari beragam gangguan kesehatan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button