Insomnia atau yang kerap disebut ‘susah tidur’ merupakan suatu penyakit yang tentunya sangat menyebalkan bagi setiap orang yang melandanya. Meski dianggap tidak terlalu berbahaya, tapinya gangguan psikologis ini sangat mengganggu aktivitas dan kegiatan para penderitanya.

Sejatinya, insomnia dapat dipicu oleh beragam faktor, seperti stress ataupun mengalami tekanan yang terlalu berat. Tak hanya itu, mengasup makanan maupun minuman berkafein juga menjadi salah satu pemicu anda mengalami insomnia. Apabila sudah demikian, lalu bagaimana cara mengatasi insomnia?

Sebenarnya, ada banyak cara yang harus dilakukan untuk mengatasi insomnia. Apabila tidak segera tertangani dengan cepat, maka gangguan ini akan berimbas pada menurunnya kesehatan tubuh anda. Pasalnya, setiap orang diharuskan untuk beristirahat yang cukup agar aktivitas dan kegiatan setiap harinya tetap produktif. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi insomnia yang mudah dan aman untuk dilakukan.

1. Matikan lampu

Bagi anda yang sering dilanda susah tidur, disarankan untuk mematikan lampu sebelum tidur. Tak hanya itu, matikan juga benda-benda yang dapat memancarkan cahaya seperti handphone, televisi, dan lain sebagainya. Karenanya, semakin sedikit cahaya yang ada, maka kualitas tidur anda semakin baik dan hormon melatonin di dalam tubuh akan semakin meningkat. Perlu anda ketahui bahwa hormon ini akan menjadikan tidur anda lebih terlelap dan berkualitas.

2. Tetapkan jam tidur

Salah satu cara mudah untuk mengatasi insomnia adalah dengan menyetel sendiri waktu tidur pada malam hari. Biasakan untuk tidur pada jam yang sama di setiap harinya. Dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan, maka dapat dipastikan anda bisa tertidur secara teratur. Upayakan untuk tidak tidur terlalu malam, optimalnya jam 10 malam.

3. Tidak mengkonsumsi makanan dan minuman berkafein

Salah satu pemicu timbulnya insomnia adalah mengasup makanan atau minuman berkafein terlalu berlebihan pada siang hari. Kandungan kafein ini tak hanya akan memicu efek pada siang harinya saja, tapinya juga 9 jam selepas anda meminumnya. Cara inilah yang paling efektif untuk mengatasi insomnia yang sudah akut.

4. Meningkatkan rutinitas di siang hari

Cara mengatasi insomnia lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menambah kegiatan anda pada siang hari. Meski hal ini akan membuat anda lebih mudah lelah, tapinya cara ini akan menjadikan tidur anda lebih cepat dan terlelap pada malam harinya.

5. Mendengarkan musik

Ketika susah tidur melanda anda, hal itu dapat diatasi dengan cara mendengarkan musik sebelum anda tidur. Selain membuat stress mereda, cara mengatasi insomnia dengan mendengarkan musik ini akan membuat anda lebih tenang dan mudah tidur dengan lelap. Jenis musik yang anda lakukan bisa disesuaikan dengan selera anda masing-masing, misalnya seperti jazz, musik brainwave, Mozart, dan lain sebagainya.

6. Lupakan sejenak kesibukan anda

Cara ampuh lainnya untuk mengatasi insomnia adalah lupakan sejenak kesibukan anda dan cobalah untuk menenangkan pikiran. Selagi anda berbaring di tempat tidur, janganlah memikirkan hal-hal yang berat dan menyiksa pikiran anda. Pasalnya, hal itu akan menjadikan anda tertekan dan sulit untuk tertidur.

7. Tidak melakukan aktivitas berat sebelum tidur

Ketika insomnia melanda anda, hal itu dapat teratasi apabila anda tidak melakukan beragam aktifitas yang berat sebelum tidur di malam hari. Apabila sebelum tidur kegiatan yang anda lakukan terlalu berat, maka nafas anda menjadi tidak teratur dan membuat tubuh anda tegang. Untuk itu, hindarkan melakukan aktifitas yang berat untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.