Pasca Lionel Messi menyatakan hengkang dari Timnas Argentina, kali ini sang pelatih, Tata Martino pun menyatakan kehendaknya untuk lengser dari posisinya sebagai tutor tim. Kepergian pelatih berusia 53 tahun itu membuktikan bahwa ada permasalahan besar yang saat ini tengah dilanda federasi sepakbola Argentina, AFA.

Seperti yang telah kita ketahui, tak hanya Messi yang menyatakan bakal angkat kaki dari timnas, Sergio Aguero pun sama. Menurutnya, bakal ada 3 nama pemain lagi yang nantinya bakal memutuskan untuk hengkang dari Timnas.

Sebelum nama-nama pemain itu terkuak, Tata Martino pun sudah lebih dulu memutuskan bakal mengundurkan diri dari jabatannya itu. Padahal, kiprah Martino begitu impresif selama menukangi Argentina.

Semenjak ia menukangi Argentina, tim yang dijuluki ‎La Albiceleste itu hanya mampu ditaklukkan sebanyak satu kali di sejumlah kompetisi bergengsi yang ada. Pada penghelatan Copa America 2015 dan 2016, Argentina tak penah tumbang. Meski demikian, mereka juga tak pernah menjawarainya.

Dari pernyataan resmi yang disebutkan AFA, pelatih Tata Martino mengundurkan diri dengan alasan adanya ketidakjelasan terkait pimpinan AFA yang baru serta terjadinya persoalan yang genting perihal penyusunan nama pemain pada penghelatan Olimpiade Rio 2016.

Seperti yang kita ketahui bersama, sebelum menukangi Timnas Argentina, Tata Martino sempat berkiprah di Barcelona dan Paraguay. Bahkan dirinya mendapatkan banyak pujian kala Paraguay tampil dengan performa impresif di penghelatan Piala Dunia 2010.