yandex
Kesehatan

Inilah 8 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang kerap diasup sebagai hidangan pencuci mulut maupun sarapan. Lantaran punya kandungan nutrisi yang tinggi, manfaat buah pisang bagi kesehatan sangat beragam. Didalamnya, jenis buah yang satu ini mengandung nutrisi lengkap seperti mineral, vitamin C, kalium, fosfor, vitamin B kompleks, magnesium, dan zat besi.

Selain itu, buah pisang juga sangat baik diasup oleh ibu hamil untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin. Hal ini karena buah pisang kaya kandungan nutrisi penting seperti kalium dan asam folat. Tak hanya itu, masih banyak lho manfaat buah pisang yang perlu anda ketahui. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Menurunkan berat badan

Tidak hanya untuk ibu hamil, manfaat buah pisang juga dapat dirasakan oleh anda yang sedang diet. Pasalnya, dengan mengasup buah ini secara rutin, maka akan membantu anda menurunkan berat badan. Buah pisang punya kandungan kalori yang kecil, sehingga anda yang bermasalah dengan berat badan, cobalah memasukan buah pisang dalam menu diet anda.

2. Sebagai sumber energi

Buah pisang dikenal sebagai salah satu jenis buah yang berperan sebagai sumber energi. Pasalnya, buah pisang mengandung karbohidrat yang tinggi. Hal ini bisa anda rasakan dengan mengasup 2 buah pisang setiap harinya.

3. Memelihara kesehatan jantung

Buah pisang kaya akan kandungan potassium yang tinggi. Kandungan buah pisang ini diyakini mampu memelihara kesehatan jantung. Dengan mengasupnya secara rutin, maka anda pun akan mendapatkan manfaat buah pisang yang baik bagi jantung anda.

4. Menghaluskan kulit wajah

Selain baik untuk kesehatan, manfaat buah pisang juga dapat dirasakan untuk kecantikan lho. Salah satunya adalah menghaluskan kulit wajah anda yang kering dan kasar. Selain diasup, anda juga bisa memanfaatkannya sebagai masker. Anda hanya perlu menghaluskan buah pisang dan tambahkan dengan sedikit madu, lalu balut pada wajah anda dan lakukan cara ini untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Mengatasi Jerawat

Selain dapat menghaluskan kulit wajah, khasiat pisang juga dapat diandalkan untuk membasmi jerawat. Anda hanya perlu menghancurkan buah pisang yang sudah matang. Kemudian balutkan buah pisang pada bagian jerawat selama 10-15 menit, lalu bilas mengunakan air bersih.

6. Mengatasi sakit maag

Bagi anda penderita sakit maag, manfaat pisang bagi kesehatan bisa anda jadikan sebagai salah satu cara alternatif untuk mengatasinya. Namun jangan mengasup pisang nangka karena jenis pisang tersebut justru akan memperparah sakit yang anda rasakan.

7. Mengatasi diabetes

Manfaat buah pisang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes. Umumnya, jenis pisang yang kerap digunakan dalam hal ini adalah pisang goroho dari daerah Gorontalo. Anda bisa mengasup pisang ini dengan dikukusnya terlebih dulu kemudian dicampurkan dengan parutan kelapa muda.

8. Menyeimbangkan cairan

Tubuh kita terdiri dari cairan yang harus dipenuhi secara seimbang. Dengan seimbangnya cairan di dalam tubuh, maka kinerja tubuh akan terjaga dengan baik. Kandungan kalium yang dimiliki buah inilah yang mampu menyeimbangkan kadar cairan di dalam tubuh anda.

Beragam manfaat pisang yang sudah disebutkan diatas bisa anda jadikan sebagai referemsi bahan alami yang baik untuk diasup atau dimasukan ke dalam menu makan anda setiap hari. Dengan mengasup buah pisang, maka semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan terpenuhi, sehingga memberikan kesehatan untuk tubuh anda. Selain punya rasa yang enak, buah pisang sangat mudah kita temukan dan harganya pun sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button