yandex
Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Mengkudu Tuk Kesehatan

Banyak orang yang tidak menyukai buah mengkudu lantaran mempunyai rasa yang tidak enak dan aroma yang bau. Dibalik itu semua, nyatanya buah mengkudu punya segudang manfaat untuk kesehatan. Karena manfaat mengkudu sangat beragam, jenis buah yang yang satu ini sudah sejak lama dimanfaatkan dalam pengobatan untuk mentahirkan berbagai penyakit.

Lantaran memiliki rasa dan bau yang tak sedap, buah ini sering diasup dalam bentuk jus yang dicampurkan dengan daun mengkudu yang juga krusial untuk kesehatan. berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu bagi kesehatan tubuh.

1. Mengobati maag

Salah satu manfaat mengkudu yang paling umum dikenal masyarakat adalah mentahirkan sakit maag. Pasalnya, sari-sari buah yang terkandung didalamnya mampu mengurangi kadar asam lambung dan meningkatkan sel-sel yang melapisi lambung.

2. Pencegah kanker

Mengasup buah mengkudu ampuh untuk mencegah terjadinya perkembangan sel-sel kanker di dalam tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan di New York oleh Annals of New York Academy of Sciences menemukan bahwa jus mengkudu ampuh mencegah terbentuknya sel kanker lantaran mengandung antioksidan yang tinggi. Tak hanya itu, jenis buah yang satu ini juga terbukti ampuh untuk mencegah tumor.

3. Mengobati katarak

Untuk mentahirkan penyakit katarak, anda bisa memanfaatkan khasiat buah mengkudu. Penyakit katarak, pada dasarnya disebabkan oleh kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. buah mengkudu bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasinya. Sebuah penelitian yang dilakukan di India menyebutkan bahwa ekstrak buah mengkudu berpotensi untuk mejaga kesehatan lensa mata apabila dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya.

4. Obat diabetes

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan selanjutnya adalah mengobati diabetes. Jenis buah yang satu ini menyimpan senyawa saponin dan triterpen yang diyakini ampu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini sudah dibuktikan setelah melakukan percobaan terhadap tikus dengan memberikan fermentasi mengkudu selama 20 hari. Alhasil, kadar gula darah di dalam tikus tersebut mengalami penurunan secara signifikan.

5. Mengobati hipertensi

Bagi anda yang mengalami hipertensi, penyakit ini dapat diatasi dengan mengandalkan manfaat mengkudu yang begitu melimpah. Di dalam buah ini terkandung zat selenium, vitamin C, dan fitonutrien yang mampu menghalau kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dalam pembuluh darah.

Tidak hanya itu saja, buah mengkudu juga mengandung senyawa scopoletin yang ampuh mengurangi tekanan darah. Jenis buah yang satu ini juga kaya akan senyawa proxeronine yang membantu tubuh untuk memproduksi xeroninen, yang merupakan suatu zat untuk mengoordinasikan sel dan menurunkan tingkat stres yang memicu hipertensi.

6. Meningkatkan sistem imunitas

Selain dapat mentahirkan beragam jenis penyakit, manfaat mengkudu juga berperan untuk mendongkrak sistem imun di dalam tubuh. Pasalnya, buah mengkudu mampu meningkatkan makrofag yang mampu menguatkan sistem imun tubuh. Tidak hanya itu, buah mengkudu juga ampuh melawan bakteri jahat di dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, manfaat mengkudu juga krusial untuk menyehatkan kondisi kulit dan rambut, sehingga mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti kurap dan eskim. Tidak hanya diasup dalam bentuk jus, buah mengkudu juga bisa dioleskan pada bagian kulit kepala untuk menjadikan rambut semakin indah berkilau.

Lebih dari itu, manfaat mengkudu juga bisa dirasakan pada kulit yang terasa lebih kencang dan bersinar hanya dengan membalutkan buah mengkudu yang telah diblender dan mendiamkannya selama 15 sebelum anda membilasnya. Anda juga bisa mengasup jus mengkudu untuk menyehatkan serta menguatkan kuku anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button