Pekerjaan yang begitu padat, tuntutan hidup, dan beragam persoalan hidup lainnya, memang seringkali menjadikan seseorang mengalami stres. Ketika kondisi itu menghampiri, dibutuhkan adanya upaya untuk meluputkannya agar tidak mengganggu aktivitas kita setiap harinya.

Sebelum mengalami stres, sebenarnya kita dapat menghindarkannya dengan beragam cara yang efektif. Sejatinya, cara mencegah stres ini dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus menghabiskan banyak uang dan menguras tenaga. Dibawah ini adalah beberapa tips menghindari stres yang bisa anda praktekan sendiri. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Luangkan waktu senggang

Untuk menghindari stres, seseorang perlu meluangkan waktunya sehari saja tanpa melakukan kegiatan yang mampu menguras pikiran. Hal ini sangat krusial untuk kembali memperbaiki keseimbangan dalam diri kita. Dalam hal ini, anda bisa hangout bersama teman-teman, kumpul bersama keluarga, ataupun hanya beristirahat saja di rumah. Anda bisa menghabiskan waktu luang anda yang menyenangkan dengan mengesampingkan dulu masalah dan padatnya pekerjaan anda.

2. Jangan berdiam sendirian

Stres dapat meliputi anda dengan sendirinya apabila anda berdiam diri saja tanpa ada keluarga dan teman-teman di sekitar anda. Cobalah untuk mulai membaur dengan sekelompok orang atau komunitas tertentu dengan melakukan beragam kegiatan yang positif dan menyenangkan. Sejatinya, di saat anda dikelilingi oleh banyak orang, apalagi dengan mereka yang anda cintai, tentunya anda akan merasa lebih bahagia dan akan terbebas dari yang namanya stres.

3. Melatih pernapasan

Tanpa kita sadari, melatih proses pernapasan akan mampu membantu anda untuk mengontrol diri lebih baik dari penyelesalan dan beragam problema hidup lainnya. Thich Nhat Hanh, seorang Biksu serta seorang pelatih spiritual merekomendasikan agar kita dapat melatih pernapasan, sehingga menjadikan kita merasa lebih lega.

4. Memberikan pelukan kepada orang yang dicintai

Berpelukan tidak hanya dapat kita berikan kepada suami atau kekasih yang kita cintai saja, melainkan orang tua, kerabat, maupun sahabat. Berpelukan bisa diartikan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap orang lain. Hanh berpendapat, dengan memberikan pelukan, maka energy positif akan dirasakan oleh orang yang kita peluk. Bahkan pelukan juga mempunyai efek penyembuhan dan mampu memberikan kebahagian.

5. Temukan cinta sejati anda

Dalam menjalin sebuah hubungan, kepercayaan serta keyakinan adalah hal yang paling krusial. Hanh kembali menyebutkan bahwa untuk mencintai seseorang, anda wajib mempunyai kepercayaan dan keyakinan kepadanya. Untuk menghindari stres, Hanh merekomendasikan agar setiap kita melatih diri untuk mendengarkan saat seorang yang dicintai sedang berbicara.

Saat anda membebaskan orang lain untuk berbicara, hal ini memungkinkan kita untuk lebih memahaminya. Hanh juga menyebutkan bahwa seseorang yang mampu mengerti penderitaan yang sedang kita alami adalah teman terbaik. Kondisi itu akan membuat kita menjadi lebih bahagia karena mempunyai orang-orang yang pengertian.

6. Melatih pernapasan perut

Untuk menghindari stres, entah itu akibat padatnya pekerjaan, tuntutan hidup, dan problema lainnya, Hanh menyarankan untuk kita melatih pernapasan perut. Saat kita melakukan pernapasan perut, maka kekuatan dan dukungan akan dipasok oleh tubuh kita, sehingga kita lebih bersemangat untuk tetap menjalani kehidupan setiap harinya.

7. Memelihara keinginan terdalam

Pada dasarnya, sebuah harapan dan keinginan yang kuat bisa dikembangkan dengan maksimal untuk menjadikan kita tetap bersemangat dalam mencapainya. Misalnya, di dalam pekerjaan. Anda mempunyai keinginan untuk bisa membeli sebuah rumah. Meski pekerjaan yang diberikan sangat padat, keinganan tersebut akan mengalahkan rasa lelah anda untuk meraih apa yang anda inginkan.