Radang tenggorokan, pada dasarnya dapat diatasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Mengasup obat radang tenggorokan ini sama baiknya dengan obat-obatan dari dokter, kecuali apabila sakit yang diderita sudah mencapai komplikasi berat.

Dengan mengasup obat herbal radang tenggorokan, maka masalah tenggorokan yang anda alami akan sembuh secara total dengan perlahan tanpa harus mengkhawatirkan efek sampingnya, utamanya yang berpengaruh pada kesehatan ginjal dan liver anda.
Sejatinya, radang tenggorokan terjadi lantaran timbulnya masalah pada saluran pernapasan, dimana kondisi ini bisa dinilai sebagai penyakit ringan, namun bisa juga menjadi masalah yang serius apabila terus dibiarkan tanpa melakukan pengobatan yang tepat.

Penggunaan obat-obatan antibiotik sebagai salah satu cara mengobati radang tenggorokan tidaklah efektif, karena kuman lebih mampu bertahan terhadap antibiotik, sehingga penyakit yang diderita lebih lama untuk bisa sembuh. Untuk mentahirkan sakit tenggorokan secara alami, ada beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan, berikut ini adalah ulasannya:

1. Air alang-alang

Salah satu bahan alami untuk mengatasi radang tenggorokan adalah air alang-alang. Dalam penggunaannya, anda hanya perlu menyediakann satu genggam akar alang-alang yang sudah dicuci dengan bersih. Rebus dengan satu panic air sampai mendidih dan angkat apabila airnya sudah tersisa sedikit. Tunggu sampai airnya hangat, lalu minumlah secara rutin untuk agar sakitnya bisa segera sembuh.

2. Jus Lemon tanpa gula

Jus lemon dapat anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi radang tenggorokan. Yang perlu diingat adalah jangan membuat jus lemon dengan tambahan gula. Untuk membuat minuman ini, ambilah 2 buah jeruk lemon, kemudian peras kedalam gelas dan tambahkan air hangat. Setelah diaduk secara merata, minumalah minuman ini sampai habis dan lakukan sebanyak 3 kali dalam satu hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

bahan-alami-untuk-radang-tenggorokan

3. Campuran Teh hangat dengan jahe dan madu

Untuk mengatasi radang tenggorokan secara alami, anda bisa mengasup minuman teh hangat yang dicampur dengan jahe dan madu. Pasalnya, madu berperan untuk membasmi bakteri dan jahe akan memberikan sensasi hangat pada tenggorokan anda. Dalam pembuatannya, sediakan satu gelas teh hangat dan campurkan dengan 3 sendok madu dan air jahe, lalu aduk hingga merata. Lakukanlah pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari agar sakit tenggorokan dapat diobati lebih cepat.

4. Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan Vitamin C, Vitamin B6 dan kaliumnya. Mengasup pisang akan mampu mengatasi radang tenggorokan dengan lebih cepat. Anda bisa menjadikan buah ini sebagai menu sarapan, makanan penutup makan siang, dan makan malam agar proses penyembuhannya lebih cepat.

5. Kunyit dan air garam

Mengasup minuman kunyit yang dicampur dengan air garam juga diyakini ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Bagi anda yang tidak suka dengan baunya, anda bisa memanfaatkan bahan alami ini dengan hanya dikumur saja. Caranya pun sangat mudah, parutlah 2 batang kunyit sampai halus, kemudian peras airnya dan tambahkan setengah sendok air garam yang hangat. Gunakan ramuan ini untuk berkumur selama 5 menit.

6. Memperbanyak minum air mineral

Ketika radang tenggorokan mendera, cara alami yang paling mudah untuk anda lakukan ialah hanya dengan memperbanyak konsumsi air mineral saja yang kaya akan manfaatnya. Dalam hal ini, air mineral mampu memberantas bakteri yang ada di tenggorokan serta meningkatkan sistem imum tubuh sehingga membuat anda kembali sehat lebih cepat.