Setiap wanita tentunya ingin memiliki kulit wajah yang cantik dan mulus tanpa berpori-pori besar. Tapinya karena gaya hidup dan kurangnya perawatan menjadikan kulit wajah menjadi kasar dan bermasalah.

Sejatinya, untuk menjadikan kulit lebih mulus dan juga halus bukanlah perkara yang sulit. Pasalnya, sudah semakin banyak produk kecantikan yang mampu menjadikan kulit wajah anda menjadi halus, cantik, dan awet muda. Tapinya bila anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal tanpa menimbulkan efek samping, sebaiknya anda memanfaatkan bahan-bahan alami.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang bahan-bahan alami yang mampu menghaluskan serta memperkecil pori-pori kulit agar anda tampil dengan cantik yang optimal dan alami. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Air lemon

Salah satu cara alami untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah adalah dengan menggunakan air lemon. Di dalamnya, lemon miliki kandungan vitamin C serta senyawa antioksidan yang mampu mempercantik kulit wajah. Tak hanya itu, lemon juga memiliki kandungan enzim yang mampu memperhalus dan mengencangkan kulit. Caranya pun mudah, anda hanya perlu memeras satu buah lemon dan membalutkannya pada bagian kulit wajah secara merata. Diamkan sampai 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

2. Susu dan yoghurt

Cara alami selanjutnya untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah adalah masker susu atau yoghurt. Selain mampu menjadikan kulit wajah lebih mulus dan halus, tapinya masker susu dan yoghurt ini juga ampuh untuk mencerahkan dan mengecilkan pori-pori kulit. Caranya pun sama mudahnya, anda hanya perlu membalutkan susu atau yoghurt pada bagian kulit wajah anda secara merata. Diamkan hingga 25 menit, lalu bilas menggunakan air sampai bersih.

3. Masker putih telur

Miliki kulit mulus tanpa pori-pori besar dengan melakukan perawatan wajah menggunakan masker putih telur. Jenis bahan alami yang satu ini tak hanya mampu menjaga keelastisan kulit, tapinya juga mampu mencerahkan serta mengecilkan pori-pori kulit. Dengan demikian, akan menjadikan kulit wajah lebih lembut dan juga halus. Caranya, pisahkan bagian putih dan kuning telur, lalu gunakan bagian putihnya saja. Balutkan putih telur secara merata pada wajah, kemudian diamkan sampai 25 menit. Bilas menggunakan air hingga bersih.

4. Masker Madu

Madu tak hanya dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan, tapinya juga untuk kecantikan. Madu merupakan salah satu cara alami yang sangat efektif untuk memperkecil pori-pori dan menjadikannya lebih halus dan juga kenyal. Beragam masalah pada kulit wajah juda dapat diatasi dengan madu, sehingga menjadikan kulit lebih lembut dan juga cantik. Caranya, anda hanya perlu membalutkan madu hingga merata, diamkan sampai 20 menit, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Masker tomat

Salah satu jenis buah yang ampuh dalam menjaga dan memelihara kecantikan serta kesehatan kulit wajah adalah tomat. Jenis sayuran yang satu ini miliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang sangat krusial untuk mengecilkan pori-pori kulit, menghaluskan kulit, serta meluputkan wajah dari beragam masalah kulit, seperti jerawata, komedo, dan lain sebagainya. Caranya, haluskan beberapa buah tomat, lalu balutkan pada bagian kulit wajah. Tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

6. Es Batu

Untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah, anda juga bisa memanfaatkan es batu. Perawatan ini merupakan yang paling praktis dan mudah. Anda hanya perlu membungkus es batu menggunakan kain yang halus dan juga bersih. Kompreskan es batu pada bagian kulit wajah anda secara menyeluruh. Tak hanya mampu mengecilkan pori-pori saja, es batu juga faktanya mampu memperlancar peredaran darah pada wajah sehingga mampu mencegah munculnya kulit kusam, jerawat, dan kulit berminyak.