yandex
Kesehatan

Inilah 5 Nutrisi Penting Untuk Sehatkan Tubuh di Usia Tua

Seiring dengan pertambahan usia, tak jarang seseorang akan mengalami beragam gangguan kesehatan seperti stroke maupun jantung, utamanya pasca menopause dan ketika kekurangan nutrisi. Dr. Nereida Correa, seorang ginekolog dari Einstein College of Medicine, New York menyebutkan bahwa kadar hormon estrogen wanita akan semakin menyusut seiring dengan bertambahnya usia. Dalam kondisi tersebut, maka seseorang lebih rentan mengalami serangan jantung.

Untuk menjaga kesehatan di hari tua, setiap wanita perlu memperhatikan makanan yang diasup setiap harinya. Baiknya, utamakan untuk mengasup makanan sehat yang meminimalisir resiko penyakit stroke dan serangan jantung. Tak hanya itu, menjaga asupan makanan juga sangat krusial guna mencegah penyakit hipertensi, kanker payudara, diabetes, maupun osteoporosis. Berikut ini adalah 5 nutrisi penting yang dibutuhkan oleh setiap wanita.

1. Kalsium

Mengasup makanan berkalsium sangat penting untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh untuk proses pembentukan sel-sel tulang baru. Lazimnya, saat wanita sudah memasuki masa menopause, biasanya kemampuan tubuh untuk memproduksi sel-sel tulang yang baru akan semakin menurun.

Menurut Dr. Nereida, mengasup susu yang tidak memiliki kandungan kalsium tidak akan menyebabkan perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, setiap wanita dianjurkan untuk mengasup produk olahan susu yang kandungan kalsiumnya tinggi. Untuk anda yang sudah menginjak usia lanjut, ada baiknya mengasup suplemen kalsium 600 miligram sebanyak dua kali dalam sehari.

2. Vitamin D

Untuk menjaga kesehatan di hari tua, setiap wanita juga membutuhkan asupan vitamin D. Pasalnya, wanita yang kurang mengasup makanan bervitamin D sebagian besarnya akan beresiko mengalami kerapuhan tulang, hingga osteoporosis.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di New England Journal of Medicine menyatakan bahwa mengasup vitamin D yang dosisnya tinggi secara rutin, maka akan mampu mengurangi resiko seorang wanita mengalami kerapuhan tulang sampai 30%.

Selain mengkonsumsi suplemen, ada cara lain yang bisa anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, yakni dengan mengasup produk olahan susu secara rutin. Pernyataan tersebut diperkuat oleh Dr. Nereida yang menyarankan agar setiap wanita mengasup beragam makanan sehat seperti yoghurt rendah lemak, jus jeruk, keju, maupun kacang-kacangan agar kebutuhan tubuh anda akan vitamin D bisa terpenuhi dengan sempurna.

3. Vitamin B12

Seorang wanita yang sudah memasuki masa menopause dan mengalami kekurangan vitamin B12 dalam tubuhnya akan memiliki resiko anemia yang tinggi. Mengasup suplemen atau multivitamin sangat penting bagi setiap wanita, karena semakin dengan bertambahnya usia, kadar vitamin B12 akan semakin menurun. Hal ini berimbas pada penurunan berat badan, depresi, mudah lelah, menurunnya ingatan, maupun demensia. Tak hanya itu, vitamin B12 juga berkaitan dengan kemampuan konsentrasi dan daya ingat seseorang. Untuk mendapatkan asupan nutrisi ini, anda bisa mengasup daging, telur, sereal, ikan, unggas, dan juga susu.

4. Omega-3

Mengasup ikan yang kaya akan kandungan omega-3 berperan vital untuk meminimalisir resiko serangan jantung. Pernyataan ini sesuai dengan sebuah studi yang diterbitkan di Journal of the American Medical Association. Dalam studi tersebut menyebutkan bahwa kandungan asam lemak omega-3 mampu mendongkrak kadar kolesterol baik serta menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

5. Asam Folat

Menjaga kesehatan di hari tua dapat dilakukan dengan mengasup makanan sehat setiap harinya. Salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan asam folat di dalam tubuh. Nutrisi ini mampu membantu tubuh untuk memproduksi jaringan baru dan sel darah merah. Apabila seseorang mengalami kekurangan asam folat, maka akan mengalami penurunan berat badan, sakit kepala, dan juga anemia. Nutrisi ini dapat dijumpai pada sayuran hijau, minyak zaitun, kacang-kacangan, buah pisang, mangga, jeruk, dan alpukat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button