yandex
Gaya Hidup

Inilah 5 Manfaat Beras Merah Untuk Sukseskan Diet Anda

Beras merah tidak hanya punya khasiat yang beragam untuk kesehatan, tapinya juga bermanfaat bagi anda yang sedang menjalani program diet. Diet beras merah juga telah banyak dilakukan oleh banyak orang untuk menu diet mereka setiap harinya.

Meskipun demikian, masih ada saja yang tidak suka mengasup beras merah karena beragam alasan, salah satunya adalah tidak suka dengan rasanya yang tawar. Padahal, rasa tawar yang dimiliki beras merah ini sangat baik untuk diet dan mencegah diet karena kandungan gula didalamnya sangat rendah.

Bahkan sejumlah ahli telah menyebutkan bahwa beras merah sangat baik untuk menggantikan nasi putih yang biasa diasup setiap harinya oleh banyak orang. Hal ini utamanya dikhususkan bagi mereka yang ingin mendapatkan berat badan yang ideal, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani diet. Dibawah ini adalah beberapa manfaat beras merah untuk diet yang perlu kita ketahui untk mendapatkan berat badan yang proporsional.

1. Kaya akan serat

Manfaat beras merah memiliki peran vital untuk diet karena mengandung serat yang tinggi. Perlu anda ketahui, kandungan serat ini mampu meminimalisir tingkat kolesterol di dalam tubuh, menstabilkan kadar gula darah setelah mengasup makanan, dan mencegah kanker usus besar. Tidak hanya itu, serat juga mampu membantu memperlancar sistem pencernaan di dalam tubuh.

2. Kadar kalorinya sedikit

Ketika sedang menjalani program diet, sangat krusial bagi anda untuk mengetahui besarnya total kalori yang diasup setiap harinya. Makanan yang miliki kalori lebih sedikit inilah yang mampu membuat diet anda berhasil. Apabila dibandingkan dengan nasi putih yang mempunyai kalori sebesar 129 per 100 gramnya, beras merah hanya memiliki 110 kalori per 100 gramnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengganti nasi putih dengan beras merah organik untuk keberhasilan diet anda.

3. Indeks glikemiknya rendah

Manfaat beras merah dapat dirasakan oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, jenis beras yang satu ini memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Hal ini akan menjadikan gula darah anda tetap terjaga kestabilannya, sehingga perut anda tidak akan mudah merasa cepat lapar. Sebaliknya, makanan yang kandungan indeks glikemiknya tinggi akan menjadikan perut anda kenyang dan cepat laparnya, sehingga dapat meningkatkan kadar gula dengan cepat di dalam tubuh.

4. Menurunkan Kolesterol

Manfaat beras merah selanjutnya adalah untuk menyusutkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Pasalnya, jenis beras yang satu ini miliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu meluputkan masalah tersebut. Tak hanya itu, beras merah juga mengandung minyak yang mampu mendongkrak kolesterol baik serta meminimalisir kolesterol jahat di dalam darah. Apabila anda mengasup nasi putih, maka kadar kolesterol jahat di dalam tubuh akan meningkat, sehingga sangat disarankan bagi anda yang menjalani diet dan menerapkan gaya hidup sehat.

5. Memberikan efek yang lebih mengenyangkan

Di dalamnya, beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat seseorang yang mengasupnya akan merasakan kenyang lebih lama. Sejatinya, serat merupakan senyawa kompleks yang dalam proses pencernaannya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Kondisi itulah yang membuat beras merah berada di dalam sistem pencernaan lebih tahan lama, sehingga akan memunculkan efek mengenyangkan yang lebih lama apabila dibandingkan dengan mengasup nasi putih.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris juga membuktikan bahwa manfaat beras merah untuk program diet ialah menjadikan tubuh merasakan kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal inilah yang akan membantu anda untuk menjaga nafsu makan sehingga program diet anda akan berhasil.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button