Saat mendengar kata tempe, tentunya sudah tak asing lagi bagi kita sebagai orang Indonesia. Meski kerap dipandang sebelah mata, namun nyatanya tempe memberikan sejuta manfaatkan untuk orang-rangnya mengasupnya.

Selain memiliki rasa yang nikmat saat diasup dengan beragam resep makanan, tempe merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein nabatinya yang sangat baik untuk kesehatan. Bagi anda yang belum tahu betapa bermanfaatnya tempe untuk kesehatan, yukk simak informasinya berikut ini.

1. Mengontrol gula darah

Bagi anda penderita diabetes, tempe bisa menjadi salah satu makanan alternatif yang bisa anda asup. Pasalnya, makanan ini minim akan kandungan gula dan mampu membantu anda mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh.

2. Membasmi racun yang menyuburkan kanker

Sejumlah studi menyebutkan salah satu manfaat tempe bagi para penyandang kanker. Penderita yang mengasup tempe mampu memberikan kesehatan pada sistem cerna serta mengikat racun yang mengendap, kemudian membuangnya ke luar tubuh. Perlu anda ketahui, penderita kanker membutuhkan proses detoksifikasi yang berperan untuk membasmi racun yang dapat menyuburkan sel kanker mereka.

3. Memberikan nutrisi lengkap untuk tubuh

Tempe merupakan jenis makanan yang menyimpan beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalsium, zat besi, vitamin B, dan juga serat. Selain itu, terkandung juga antibiotika alami dan antioksidan, sehingga dengan mengasup tempe tubuh akan terhindar dari infeksi dan penyakit degeneratif. Tak hanya itu, tempe juga mengandung lemak, karoten, fosfor, dan vitamin B1 yang semuanya itu diperlukan oleh tubuh.

4. Dapat Dikonsumsi di semua usia

Tempe dapat diasup oleh semua kalangan usia tanpa harus takut mengalami alergi. Karena teksturnya yang tidak keras, lansia pun tidak mengalami kesulitan untuk mengunyahnya. Makanan ini juga mudah dicerna, aman serta sehat untuk semua kalangan usia.