TRENDING NEWS

Monday, Apr 22 2019

Lima Situs Live Score Online Terbaik yang Wajib Kamu Gunakan

Ini Saran OECD Agar Pendapatan RI Mampu Bersaing di ASEAN

2516 2516

March 28, 2015

Jakarta: Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) mengimbau agar pemerintah Indonesia terus menerapkan reformasi di bidang ekonomi. Hal ini perlu dilanjutkan agar Indonesia bisa bersaing dengan negara ASEAN lain dari sisi peningkatan pendapatan.

“Indonesia sangat kecil dibanding jumlah penduduknya 250 juta jiwa. Tapi justru ketika saya datang ke negara-negara OECD pemerintahan mereka terlalu besar dan saya bilang harus di-reduce,” terang Sekretaris Jenderal OECD, Angel Gurria, saat Konferensi Pers Launch of the 2015 Indonesia Economic Survey and Education Politic Review, di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Gurria menyebutkan, salah satu reformasi di bidang ekonomi yang telah dilakukan Pemerintah Presiden Joko Widodo yakni lewat penghapusan subsidi BBM yang menciptakan ruang fiskal lebih besar untuk mendorong pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Saya tahu kebijakan penghapusan subsidi BBM dari Jokowi sangat kontroversial. Tapi beliau sudah melakukan hal baik karena bisa menyehatkan anggaran,” ucapnya.

Lebih dari itu, untuk menciptakan pemerataan kesejahteraan, dia menyarankan, pemerintah perlu membangun infrastruktur, kebijakan terkait hilirisasi dan menarik investasi dari sektor swasta. Pasalnya, bonus demografi yang dimiliki Indonesia akan sia-sia jika implementasi kebijakan pemerintah tidak berjalan baik.

Pertama, Gurria menyebut, pemerintah perlu memperbaiki kualitas pendidikan mengingat gap atau kesenjangan pendidikan antara Indonesia dengan negara-negara OECD sangat jauh. Kualitas guru pun patut diperhatikan.

Kedua, perlu partisipasi dari pemerintah untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air lantaran kebanyakan generasi muda putus sekolah karena masalah malnutrisi dan kurangnya dorongan dari orangtua.

“Dan ketiga efisiensi dalam sektor pendidikan karena sebenarnya Indonesia sangat konsen melawan korupsi dan menciptakan pertumbuhan ekonomi secara inklusif serta berkesinambungan,” cetus Gurria.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengaku, pemerintah akan terus melakukan reformasi di sektor industri manufaktur. Menggenjot pertumbuhannya hingga mencapai 22 persen terhadap GDP.

“Indonesia butuh reindustrialisasi, karena itu kita bangun infrastruktur bukan hanya dari anggaran negara tapi mengundang sektor swasta untuk berinvestasi. Kita sangat butuh reformasi struktural di ekonomi, dan diharapkan OECD memberi sarannya,” jelas Bambang.

AHL

Sumber : metrotvnews.com

Tags

Related Articles

Internasional

2516 2516

December 7, 2015

Salah Pengetikan, Jurnalis Dipecat

DUAKALI.COM – Empat orang jurnalis Tiongkok dibebas tugaskan akibat kesalahan pengetikan dalam sebuah pemberitaan, yang malah mengabarkan bahwa Presiden Tiongkok mundur dari jabatannya. Dikutip dari South China Morning Post, sebuah laporan pemberitaan yang dipublikasikan pada Jumat (4/12/2015) oleh China News Service terdapat kesalahan.┬áDalam pemberitaan terkait kunjungan Presiden Tiongkok Xi Jinping ke Afrika itu, tertulis Xi […]

Read More

Gaya Hidup

2516 2516

February 24, 2017

Selain Mampu Tingkatkan Fungsi Otak, Inilah Manfaat Kayu Manis Lainnya

Bagi anda pecinta kuliner tradisional Indonesia, tentunya sudah mengenal aroma yang khas dari kayu manis. Tidak hanya mampu memberikan kenikmatan terhadap olahan masakan, tapinya kayu manis juga menyimpan segudang khasiat bagi kesehatan. Chyntia Sass, seorang ahli diet dan nutrisi menyebutkan bahwa di dalam satu sendo bubuk kayu manis terkandung antioksidan yang kemampuannya setara dengan setengah […]

Read More

Selebritis

2516 2516

March 13, 2015

Trailer ke-2 San Andreas Ekspos Lebih Banyak Adegan Bencana

Los Angeles – Setelah merilis trailer perdana San Andreas, akhirnya Warner Bros Pictures menayangkan video kedua cuplikan film itu, yang memperlihatkan lebih banyak bencana serta aksi Dwayne Johnson alias The Rock sebagai petugas penyelamat di kota. Menyimak trailer kedua tersebut melalui akun YouTube Warner Bros Pictures yang diunggah Senin (9/3/2015), kita bisa melihat banyak wajah […]

Read More

Comments (1)

...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.
...
Media heading
Cras sit amet nibh libero, in gravida nulla. Nulla vel metus scelerisque ante sollicitudin. Cras purus odio, vestibulum in vulputate at, tempus viverra turpis. Fusce condimentum nunc ac nisi vulputate fringilla. Donec lacinia congue felis in faucibus.

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.