yandex
Gaya HidupKesehatan

Ini Dampaknya Jika Mengonsumsi Suplemen Secara Asal-Asalan

Duakali – Ingin melengkapi kebutuhan mikronutrien seperti vitamin dan mineral, orang kerapkali sembarangan mengonsumsi suplemen banyak-banyak tanpa petunjuk dari dokter. Padahal kebiasaan seperti ini ada risikonya lho.

Seperti dicatatkan oleh ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD dalam bukunya yang bertajuk ‘Fit Teen’s Diary’, saat ini banyak orang mengambil ‘jalan pintas’ dengan mengonsumsi suplemen multivitamin, tanpa mencoba untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral melalui sumber alami terlebih dahulu.

“Saya pribadi tidak menganjurkan konsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan mikronutrisi. Kenapa? Karena mengacu pada penelitian terhadap suplemen, sampai saat ini reaksi dari daya serap tubuh terhadap mikronutrisi yang diperoleh dari makanan alami masih lebih baik daripada suplemen,” ungkap Jansen, seperti dikutip dari Godetik pada hari Senin kemarin.

Menurut Jansen, suplemen semestinya dikonsumsi hanya jikalau keadaan darurat atau benar-benar tidak memiliki pilihan untuk memperoleh makanan bergizi. Sebelumnya akan jauh lebih baik juga jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Asal-asalan mengonsumsi suplemen, malahan dengan dosis yang berlebihan, berisiko membahayakan tubuh dengan memunculkan hypervitaminosis. Kondisi ini terjadi apabila kandungan mikronutrisi tertentu di tubuh terlalu banyak sehingga berpotensi keracunan.

“Inilah mengapa saya tidak terlalu menyarankan konsumsi suplemen, lantaran jikalau nantinya dikonsumsi dalam jumlah besar dan sering, maka risikonya dapat menyebabkan hyperavitaminosis. Yang perlu diingat, jika Anda mengonsumsi makanan alami walaupun dalam jumlah besar, maka tidak akan sampai menyebabkan hyperavitaminosis,” saran Jansen.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button