Wajah cantik dan bebas dari flek hitam adalah harapan semua orang, terutama wanita. Kendati sudah melakukan beragam perawatan untuk menghalaunya, namun seringkali flek hitam selalu ada sehingga begitu mengganggu penampilan setiap harinya.

Pada dasarnya, ada beragam faktor penyebab yang dapat menimbulkan flek hitam pada wajah anda. Dibawah ini merupakan penyebab flek hitam yang bisa anda luputkan untuk mempertahankan kecantikan anda tanpa flek hitam yang mengganggu.

1. Paparan Sinar Matahari

Ketika beraktivitas di luar ruangan, hindarilah kulit anda dari paparan sinar matahari langsung yang berlebihan. Pasalnya, paparan sinar matahari inilah yang dapat menimbulkan flek hitam pada wajah anda. Untuk anda yang tidak bisa menghindarinya, sebaiknya anda menggunakan pelembab wajah sebelum berpergian.

2. Bekas Jerawat

Salah satu penyebab flek hitam yang bisa timbul di wajah dan sangat mengganggu penampilan adalah bekas jerawat yang membandel. Umumnya, bekas ini muncul karena jerawat dipecahkan sebelum mengalami peradangan. Oleh karena itu, jika ada jerawat timbul di wajahmu, jangalah dipecahkan sebelum waktunya, sehingga tidak meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan.

3. Penggunaan kosmetik yang salah

Tanpa disadari, terkadang penggunaan kosmetik yang salah bisa menimbulkan flek hitam pada wajah anda. Dalam hal ini, tentunya anda harus berhati-hati dan lebih jeli untuk memiliki kosmetik yang akan anda gunakan setiap harinya.

4. Perubahan hormon

Perubahan hormon di dalam tubuh juga kerap menjadi faktor penyebab flek hitam pada wajah anda. Biasanya, hal ini lumrah dialami oleh wanita hamil. Pada dasarnya, perubahan ini wajar terjadi dan akan hilang dengan sendirinya. Untuk itu, anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter agar bisa mendapat penanganan tepat dengan segera.