Indikator Sehat Tidaknya Sebuah Hubungan

Jakarta: Menjalin hubungan susah-susah gampang. Tak selamanya hubungan berjalan mulus. Ada kalanya, romantisme berubah menjadi pertengkaran dan konflik tak berkesudahan.

Bagaimana cara mengetahui hubungan Anda tidak sehat? Jika Anda mengalami beberapa masalah berikut ini, mungkin saja Anda berada dalam hubungan ‘beracun.’

– Berdebat tanpa berkomunikasi
Berdebat dengan pasangan itu normal, tapi jika Anda tidak benar-benar berkomunikasi dan hanya berteriak satu sama lain, itu adalah tanda hubungan tidak sehat. Berteriak tidak akan pernah meyelesaikan masalah karena Anda tidak dapat menyampaikan emosi dengan benar.

– Paksaan, ancaman, dan kekerasan
Kekerasan emosional dan fisik tentu saja pertanda buruk dalam hubungan. Jika pasangan Anda memaksa atau bahkan memukul, itu pertanda Anda perlu mempertimbangkan mengakhiri hubungan.

– Tidak bisa menjadi diri sendiri
Jika Anda menjadi kurang nyaman, tidak bebas mengekspresikan diri, dan berusaha tampil berbeda agar diterima pasangan, jelas hubungan Anda dalam masalah. Pasangan yang baik harus menerima diri Anda apa adanya dan tidak mengkritik segala sesuatu tentang Anda.

– Bermusuhan
Apakah Anda merasa pasangan memusuhi Anda? Jika Anda merasakan banyak tekanan, stres, dan ketidakmampuan untuk mengekspresikan diri secara bebas, ini sinyal hubungan Anda sedang tidak sehat. Dalam hal ini, Anda perlu terbuka agar merasa aman di sekitar pasangan Anda.

– Merasa diabaikan
Anda merasa diabaikan karena pasangan tidak mau mendengarkan Anda. Dia hanya peduli tentang dia, bukan Anda berdua. Jika tidak menemukan jalan temu karena Anda tidak didengar, dianggap dan dihargai, pertimbangkan lagi hubungan itu. (Ningtriasih/Healthmeup)
ROS

Sumber : metrotvnews.com