iKey, Pelindung Data Penting untuk Profesional

Seorang profesional kerap menyimpan dan membawa informasi penting di perangkat pribadinya ketika melawat ke suatu tempat. Karena itu, informasi ini biasanya disimpan di tempat yang aman, sehingga kemungkinan untuk dicuri, hilang, atau rusak dapat diminimalisir.

Di zaman serba digital saat ini, informasi penting tak lagi hadir dalam bentuk fisik, namun dapat berupa file atau data. Data memang lebih mudah disimpan dan dikelola, namun juga lebih mudah disalin, dicuri dan dirusak.

Untuk melindungi data tersebut, biasanya seseorang menggunakan password atau membatasi akses. Pertanyaannya, apakah metode tersebut benar-benar dapat melindungi data Anda?

Itulah solusi yang ingin ditawarkan iKey. USB flash drive mungil ini memang sangat mirip dengan USB flash drive lainnya. Ia dapat digunakan untuk menyimpan data layaknya USB flash drive biasa, dengan kapasitas 8GB. Bedanya, iKey mampu menyembunyikan data-data penting Anda dari orang lain.

iKey dilengkapi dengan sebuah software dan mekanisme khusus yang tertanam di dalam komponennya. Melalui keduanya, iKey berfungsi sebagai kunci pembuka untuk data-data yang Anda sembunyikan. Anda dapat menyimpan data tersebut di media penyimpanan mana pun, mulai dari hard disk internal, hard disk eksternal, USB flash drive, SD card, bahkan di iKey itu sendiri. Data tersebut hanya akan muncul jika Anda memasukan i Key pada PC tempat menyimpannya.

Menggunakan iKey cukup mudah. Anda cukup memasangkannya pada PC Anda, dan Anda akan diminta untuk memasang software i Key. Setelah terpasang, Anda akan diminta untuk memasukan password yang akan menjadi kunci akses dari iKey Anda.

Anda dapat memilih tempat untuk menyimpan data penting, sesuai yang Anda inginkan dengan memilih pilihan “Add”. Setelah memilih tempat penyimpanannya, iKey akan membuat sebuah drive virtual baru di PC Anda. Dalam drive tersebutlah Anda dapat menyimpan berbagai data penting Anda. Jika telah selesai menyimpan data penting Anda, tutup program iKey dan drive virtual tersebut akan hilang dari PC Anda.

Tampilan sebelum aplikasi i Key dijalankan (virtual drive tidak muncul)

Meskipun drive-nya hilang, Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya data Anda masih ada di media penyimpanan yang Anda pilih saat melakukan pengaturan iKey sebelumnya. Untuk memunculkan drive virtual tersebut, ada dua hal yang Anda butuhkan. Pertama, software i Key, dan yang kedua adalah iKey sendiri.

Anda tak akan dapat menampilkan drive virtual yang telah Anda buat jika iKey yang Anda gunakan untuk membuat drive virtual tersebut tak tertancap di PC Anda. Artinya, data Anda akan benar-benar tersimpan dengan aman, bahkan orang lain yang memiliki iKey pun tak dapat membukanya.

​Tampilan setelah aplikasi i Key dijalankan (virtual drive muncul)

Lantas bagaimana jika iKey Anda hilang? Apakah Anda masih bisa mengakses data penting Anda? iKey memiliki sistem yang dinamakan dengan “Key File”. Key File tersebuat merupakan kombinasi konfigurasi pada iKey Anda, sehingga Anda dapat membuat duplikat dari iKey Anda.

Untuk menggunakannya, Anda cukup melakukan import Key File melalui aplikasi Advanced yang ada di iKey. Key File dibuat saat pertama kali Anda mengatur iKey. Kami menyarankan agar Key File tersebut tak hilang karena Key File merupakan satu-satunya sarana yang dapat mengembalikan data penting Anda jika iKey Anda hilang.

Sementara untuk performa transefre data, iKey masih berada sejajar dengan USB flash drive standar yang banyak beredar di pasar. Saat kami uji transfer file 1GB dari SSD PC kami ke iKey, proses tersebut memakan waktu cukup lama, tepatnya 6 menit 11 detik.

Hal tersebut karena iKey belum mendukung teknologi transfer data melalui USB 3.0. Hal tersebut bisa dimaklumi karena penyimpanan data dan transfer data bukanlah fokus produk ini. iKey cocok untuk profesional yang kerap bepergian dari satu tempat ke tempat lain secara rutin sembari membawa informasi penting, baik data pribadi maupun perusahaan.

ABE

Sumber : metrotvnews.com