Agar mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan pasar ponsel di dunia, HTC kembali meluncurkan smartphone anyarnya yang mengusung nama HTC One A9. Dirancang untuk kelas menengah keatas, ponsel pintar ini didesain menyerupai iPhone 6s yang tersedia dalam dua pilihan warna, yakni Space Gray dan Rose Gold.

Yang menjadi pembeda antara ponsel ini dengan iPhone 6s hanyalah pada bentuk tombol homenya saja. Pada iPhone 6s, tombol homenya berbentuk bulat, sedangkan smartphone HTC terbaru ini punya bentuk kotak. Sedangkan untuk bodinya, perangkat ini mengandalkan material metal dan mengusung desain unibodi, sehingga menjadikan baterainya tidak dapat dilepas.

HTC One A9 hadir dengan mengusung layar berdimensi 5 inci yang didukung dengan layar Amoled Displa. Resolusi layar pada ponsel ini Full HD 1080 x 1920 pixels dan menghasilkan kerapatan mencapa 441 pixel per inci, sehingga menghasilkan warna yang natural dan terlihat lebih tajam. Smartphone ini juga dibalut dengan antigores Corning Gorilla Glass 4 yang membuatnya tidak mudah tergores akibat gesekan maupun saat terjatuh.

Smartphone HTC terbaru ini juga disenjatai dengan prosessor Qualcomm Snapdragon 617 yang mampu menjalankan aplikasi maupun game dengan cepat, yakni dengan kecepatan Octa Core 1.5 Ghz dan komputasi 64 Bit Cortex-A53. Tak hanya itu, HTC juga membekali ponsel ini dengan pengolah grafis yang mumpuni dari Adreno 405 untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya ketika digunakan untuk bermain game maupun menjalankan konten multimedia lainnya.

Di sektor penyimpanannya, ponsel pintar ini dibenami dengan RAM berkapasitas 2GB dan memori internal sebesar 16GB, lengkap dengan slot microSD untuk mempermudah para penggunanya dalam memperluas ruang penyimpanannya hingga maksimal 128GB. Dengan mengusung RAM yang besar, maka ponsel ini mampu melakukan kegiatan multitasking dalam mengakses beragam aplikasi dengan lebih cepat dan responsif.

https://youtu.be/GleR-Gjqr-M

Lebih dari itu, HTC One A9 juga disenjatai dengan sistem operasi Android atau Marshmallow, sehingga penggunanya tidak membutuhkan waktu lama untuk menjalankan berbagai fitur baru pada OS tersebut. Namun sayang, perangkat ini hanya mengandalkan baterai yang besar kapasitasnya sebesar 2150 mAh bertipe Li-Ion yang tidak dilepas.

Tak hanya merilis HTC One A9 yang punya RAM berkapasitas 2GB, produsen asal Taiwan itu juga meluncurkan ponsel dengan RAM 3GB dengan memori internal berkapasitas 32GB, sehingga menampilkan performa yang lebih cepat dibandingkan dengan versi 16GB. Dengan spesifikasi HTC One tersebut, tentunya ponsel ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yakni $399 atau setara dengan Rp 5,4 juta.

Di sektor fotografinya, HTC One A9 disenjatai dengan kamera utama berkekuatan 13 megapiksel yang mengusung teknologi OIS (Optical Image Stabilization) sebagai penstabil gambarnya. Teknologi ini, umumnya kita jumpai pada kamera DSLR yang mampu memaksimalkan penangkapan gambar dan video ketika objek bergerak serta menghindari blur dan meningkatkan ketajaman gambarnya. Inilah yang menjadi salah satu kelebihan yang diunggulkan perangkat ini.

Sementara itu, kamera belakang smartphone ini juga dibenami dengan fitur autofocus dan LED flash yang memungkinkan para penggunanya untuk memotret di tempat yang kurang pencahayaanya. Namun sayangnya, kamera ponsel ini belum mampu menghasilkan video beresolusi 4K. Untuk kamera depannya, ponsel ini dilengkapi dengan kamera berkekuatan 4 MP yang mumpuni untuk foto selfie dan video call.