Salah satu agen tunggal pemegang merek mobil Honda di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM) kabarnya telah siap memperkenalkan mobil teranyarnya yang mengusung teknologi cangging di penghelatan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang bakal digelar pada 11-21 Agustus 2016 mendatang.

Mobil anyar yang bakal dipamerkan di ajang tersebut adalah Clarity Fuel Cell. Mobil terbaru dari Honda ini berbeda dengan mobil yang sudah banyak beredar sejauh ini. Pasalnya, mobil ini mengusung bahan bakar hidrogen yang dialihkan menjadi tenaga listrik, dan emisi yang dihasilkan merupakan uap air.

Jonfis Fandy, selaku Direktur Marketing and Aftersales Service HPM menuturkan bahwa Clarity Fuel Cell merupakan sebuah mobil yang jauh berbeda dengan mobil yang sudah banyak beredar saat ini dan siap dipasarkan secara massal. “Honda Motor telah memulai memasarkan kendaraan ini di Amerika Serikat,” jelas Jonfis.

Namun sayangnya, mobil berteknologi canggih ini belum akan dijual di Indonesia. Pasalnya, PT Honda Prospect Motor (HPS) tidak dapat mendatangkan secara langsung Clarity Fuel Cell  ke Indonesia dalam waktu yang cepat.

Tak hanya itu, mobil yang sanggup melaju sejauh 700 kilometer dengan waktu pengisian bahan bakar 3 menit itu belum bisa didatangkan di Tanah Air karena belum tersedianya prasarana pendukung yang dibutuhkan.

Meskipun begitu, sepertinya Honda sudah memberikan beberapa alternatif guna memenuhi kebutuhan para pengendara di Indonesia, yakni mobil hibrida yang mengandalkan mesin turbo. “Mobil berteknologi hidrogen ini belum bisa kami pasarkan di Indonesia. Tapi kami tengah menyiapkan mobil hibrida bermesin turbo,” paparnya.