Baru-baru ini, PT Astra Honda Motor (AHM) telah resmi meluncurkan produk motor terbarunya di Indonesia dengan mengusung nama Honda CRF1000L Africa Twin. Motor ini dihadirkan di Tanah Air dalam dua pilihan model yang berbeda sehingga dapat dipilih sesuai dengan minat para penggunanya.

Honda merancang motor terbarunya itu dengan dimensi yang cukup ideal, yakni dengan ukuran panjang 2.335 mm, lebar 875 mm, tinggi 1.475 mm, dan jarak sumbunya sebesar 1.575 mm. Sementara untuk tinggi tempat dudunya sendiri, motor ini memiliki tinggi mencapai 870 mm dan bobotnya mencapai 212 kg.

Tak hanya dirancang dengan desain yang kokoh, Honda melengkapi motor terbarunya dengan dua buah lampu utama yang mengadopsi teknologi LED dan telah menggunakan Windscreen yang mampu memproteksinya dari terpaan angin dari arah depan.

Untuk mengoptimalkan riding style yang dimilikinya, motor ini menawarkan jok yang posisinya lebih rendah apabila dibandingkan dengan stang kemudinya. Kemudian di sisi belakangnya, terbenam pula stop lamp yang bentuknya cukup elegan.

Di sektor dapur pacunya, Honda CRF1000L Arfica Twin disenjatai dengan mesin berkapasitas 998cm3 yang mengadopsi 4 valve dan 4 stroke, lengkap dengan sistem pendingin berupa liquid Cooled. Penggunaan mesin tersebut mengandalkan dua silinder dan memiliki bore serta torke berdimensi 92 mm x 75.1 mm, sehingga tidak heran jika tenaga yang dihasilkannya begitu optimal.

Berbekal mesin tersebut, Honda CRF1000L Arfika Twin mampu menyemburkan tenaga maksimal 70 Kw pada rotasi mesin 7.500 rpm dan torsi mencapai 98 Nm pada rotasi 6.000 rpm. Guna memaksimalkan performanya, Honda mempersenjatainya dengan sistem transmisi 6 percepatan untuk versi yang manual dan Honda Honda Dual Clutch Transmission (DTC) untuk yang versi DTC.

Dibandingkan dengan versi standarnya, harga Honda CRF1000L Africa Twin DTC dibanderol lebih mahal, karena Honda telah membenaminya dengan teknologi Adaptive Clutch Capability Control yang menjadikan performanya semakin sempurna.

Penggunaan teknologi yang canggih dan mumpuni pada varian DTC membuat motor ini mampu menawarkan akselerasi yang lebih sempurna. Tidak hanya mampu menjadikan transmisinya langsung dapat diaktifkan hanya dengan sekali sentuh, teknologi tersebut juga mampu menjadikan motor ini melaju dengan kecepatan maksimal sebesar 210 km/jam.

Menariknya lagi, masing-masing varian dari motor Honda terbaru ini sama-sama dijejali dengan fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang memiliki 4 opsi pilihan. Tak hanya itu saja, terbenam pula teknologi yang mumpuni dari PGM FI yang berfungsi untuk menjadikan konsumsi bahan bakarnya lebih hemat dan efisien.

Selain menjamin tingkat kenyamanannya yang tinggi bagi para penggunanya, Honda CRF1000L Africa Twin DTC juga menawarkan tingkat keamanan bagi para pengendaranya. Dalam hal ini, Honda mempersenjatainya dengan rem cakram ganda berdimensi 310 dengan 4 kaliper piston berjenis wave dics pada bagian belakangnya.

Sedangkan pada bagian depannya, terbenam cakram tunggal berdimensi 256 mm dengan mengandalkan 1 kaliper piston. Tak ketinggalan, produsen otomotif asal Jepang itu juga membenaminya dengan teknologi ABS dan Parking Brake System, tapinya hanya untuk versi DTC.

Hebatnya lagi, Honda CRF1000L Africa Twin juga dibenami dengan fitur yang menarik, salah satunya adalah terbenamnya panel instrument warna biru yang menampilkan tampilan full digital. Terkait informasi yang disajikan terbilang sangat lengkap, diantaranya indikator odometer, HTSC, bakan bakar, ABS, posisi gear, dan juta trip meter motor ini ketika dikendarai.