Mengasup minuman alkohol dalam jumlah berlebihan, sejatinya mampu meningkatkan resiko seseorang mengidap beragam jenis penyakit kanker. Jenis kanker yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan buruk ini adalah kanker usus dan kanker payudara.

Seorang ahli di University of Otago membuktikan bahwa mengasup alkohol dalam jumlah yang berlebihan, mampu meningkatkan kanker mulut, kerongkongan, hati, faring dan juga laring. Perlu kita ketahui bahwa alkohol merupakan penyebab atas kasus 236 kematian imbas dari kanker pada orang-orang yang usianya lebih muda dari 80 tahun.

Sementara itu, seorang professor dari Otago Medical School, professor Jennue Connor menyebutkan bahwa penemuan terkait wanita yang mengidap kanker payudara sebagian besarnya adalah mereka yang mengasup alkohol dalam kadar yang berlebihan.

“Kita memprediksi 71 kasus kematian akibat kanker payudara di tahun 2007 dan 65 kasus kematian pada tahun 2012 adalah karena mengasup alkohol dua gelas setiap harinya,” pungkas Connor.

“Ada beberapa perbedaan antara wanita dan pria yang meninggal akibat kanker sebagai imbas dari mengasup banyak alkohol. Walaupun pria lebih banyak minum ketibang wanita, sejatinya kanker payudara para wanita memiliki angka yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kanker jenis apapun pada pria,” tambahnya.

Kematian yang disebabkan oleh kanker sebagai imbas dari mengasup alkohol mencapai 4,2 persen dari sejumlah kematian akibat kanker pada orang-orang di bawah usia 80 tahun. Melihat begitu besarnya angka tersebut, profesor Connor mengimbau agar anda membatasi atau mengurangi konsums alkohol agar terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

“Mengurangi atau membatasi mengasup alkohol mampu menurunkan presentasi masyarakat yang mengidap kanker serta memberikan sejuta manfaat untuk kesehatan. Sebaiknya, mulai hari ini kurangi atau bahkan hindari konsumsi alkohol,” pungkas Connor.