yandex
Gaya HidupKesehatan

Hindarkan 9 Makanan Penyebab Perut Kembung Ini Bagi Ibu Hamil

Ketika menjalani masa kehamilan pertama, tak jarang para ibu yang memiliki banyak keluhan. Salah satunya adalah masalah perut kembung. Perut kembung saat hamil sejatinya disebabkan oleh meningkatnya gas lambung akibat hormon progesterone. Kondisi ini seringkali menggangu sistem pencernaan karena gas yang terakumulasi pada perut.

Tentunya, masalah ini akan menjadikan setiap ibu hamil merasa tidak nyaman, sehingga mengharuskan mereka untuk menerapkan kebiaasaan yang baik dalam mengasup makanan setiap harinya. Nah, untuk menghindari masalah ini ketika sedang hami, dibawah ini akan dibahas beragam makanan penyebab perut kembung yang perlu dihindari selama masa kehamilan. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Kubis

Makanan penyebab perut kembung yang pertama adalah kubis. Pada dasarnya, perut kembung diakibatkan oleh kebiasaan mengasup makanan yang mampu menimbulkan gas di dalam perut. Nah, kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang mampu meningkatkan gas di dalam lambung, sehingga bisa memperlambat proses pencernaan dan memicu terjadinya rasa mulas pada perut.

2. Makanan yang digoreng

Selama masa kehamilan, anda dianjurkan untuk tidak mengasup makanan yang cara pengolahannya digoreng. Pasalnya, kandungan lemak yang dimiliki jenis makanan yang satu ini sangat membahayakan kesehatan. Makanan ini sulit dicerna di dalam tubuh, sehingga akan memunculkan masalah pada sistem cerna anda, utamanya adalah perut kembung. Dalam hal ini anda bisa menghindari makanan yang digoreng seperti kentang goreng, gorengan, maupun daging yang kandungan lemaknya tinggi.

3. Apel

Apel merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memang sangat baik untuk kesehatan. Tapinya, untuk anda ibu hamil, sebaiknya menghindari buah ini karena dapat menyebabkan perut kembung. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kandungan pektin yang dimiliki buah apel mampu menimbulkan gas dan menjadikan perut anda tidak nyaman.

4. Mentimun

Makanan penyebab perut kembung lainnya adalah mentimun. Di dalamnya, mentimun kaya akan kandungan air. Nah, dengan mengasup mentimun selama hamil maka bisa menimbulkan masalah kesehatan pada tubuh. Salah satunya adalah perut kembung. Untuk itu, hindarilah konsumsi mentimun di masa kehamilan anda.

5. Kacang

Walaupun kacang dinilai sebagai makanan sehat bagi ibu hamil, tapinya anda tidak diperbolehkan untuk mengasupnya dalam jumlah yang berlebihan, lantaran kandungan raffinose yang dimilikinya mampu menimbulkan gas yang memicu perut kembung.

6. Keju

Keju juga termasuk sebagai salah satu jenis makanan penyebab perut kembung yang wajib dihindarkan oleh ibu hamil yang kerap mengeluhkan masalah tersebut. Tak hanya mampu meningkatkan gas pada lambung, dengan mengasup keju, maka tubuh akan mendapatkan mikroorganisme yang bisa membahayakan kesehatan janin anda.

7. Lobak

Layaknya pada apel, lobak juga mempunyai kandungan yang mampu menimbulkan banyaknya gas di dalam perut sehingga dapat menimbulkan masalah perut kembung, khususnya pada ibu hamil. Tak hanya lobak, bawang dan paprika hijau juga perlu dihindari konsumsinya karena mempunyai dampai yang sama untuk kesehatan ibu hamil.

8. Kentang

Meskipun dapat memberikan efek yang mengenyangkan, tapinya kentang merupakan makanan penyebab perut kembung karena kandungan pati yang dimilikinya. Kandungan ini akan memperlambat sistem pencernaan dan menjadikan bakteri di dalam usus menjadi bermasalah, sehingga terjadilah penumpukan gas yang memicu perut kembung.

9. Jagung

Selama masa kehamilan, anda juga dianjurkan untuk tidak mengasup jagung. Pasalnya, jagung merupakan makanan penyebab perut kembung yang bisa menimbulkan gangguan pencernaan di dalam tubuh, yakni seperti nyeri pada bagian perut dan juga perut kembung.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button