Saat ini, sangat sedikit orang yang memperhatikan waktu makan malam yang sehat. Apalagi bagi mereka pekerja kantoran yang baru sempat mengasup makan malam sekitar pukul 20.00 keatas. Yang perlu anda ketahui, kebiasaan tersebut sejatinya merupakan pemicu dari meningkatnya berat badan sehingga berujung pada masalah kesehatan lainnya.

Menurut sejumlah pakar kesehatan, mengasup makanan di waktu malam perlu dibatasi dan perlu memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dibawah ini adalah beberapa menu makan malam yang sebaiknya dihindari setelah pukul 7 malam.

1. Makanan berkalori tinggi

Malam hari merupakan waktu yang tepat dipergunakan untuk beristirahat. Anda tidak dianjurkan untuk mengasup makanan berkaori tinggi sebelum tidur malam. Pasalnya, hal ini mampu menjadikan anda terlalu kenyang, sehingga membuat perut tidak nyaman.

Mengasup menu makan malam yang terlalu berat seperti nasi, kentang, junk food, gorengan, dan beragam jenis makanan lainnya dapat memicu perubahan hormonal yang memicu peningkatan berat badan. Tidak hanya itu, dalam sebuah penelitian yang dipaparkan di European Society of Cardiology Congress menyebutkan bahwa mengkonsumsi kadar kalori yang berlebih di malam hari mampu mengalami peningkatan tekanan darah.

2. Makanan berlemak

Mengasup makanan berlemak harus dibatasi, apalagi dikonsumsi pada malam hari di atas pukul 7. Beberapa jenis makanan berlemak yang harus dihindari seperti biskuit, cokelat, es krim, dan kue. Apabila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, maka kadar lemak di dalam darah akan semakin meningkat sehingga menghambat aliran darah di dalam tubuh. Untuk itu, anda bisa memilih menu makan malam yang rendah lemak seperti buah, yoghurt, dan sayuran.

3. Alkohol

Di malam hari, anda tidak dianjurkan untuk meminum alkohol, apalagi setelah mengasup makan malam. Perlu anda ketahui, minum alkohol hanya akan membuat kesehatan anda menurun dan meningkatkan berat badan secara signifikan. Untuk itu, lebih baik anda minum air putih saja yang lebih menyehatkan.

4. Minuman berkafein

Mengasup minuman berkafein di malam hari perlu anda hindari agar mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Kafein yang terkandung di dalam kopi akan membuat anda sulit tertidur, menimbulkan gelisah dan jantung berdebar-debar. Hal tersebut bisa terjadi setelah 4 hingga 5 jam anda meminumnya.

5. Makanan ber-MSG

Menu makan malam yang perlu dihindari adalah makanan yang mengandung MSG, seperti makanan siap saji dan junk food. Tidak hanya itu, anda juga perlu menghindari untuk mengasup mie dan camilan seperti keripik kentang, chiki, dan beragam makanan lainnya. Pasalnya, jenis makanan seperti ini dapat memicu terjadinya iritasi kulit, sakit kepala, dan peningkatan denyut jantung.

6. Susu

Susu memang merupakan minuman yang baik untuk kesehatan. Namun, bagi anda yang takut gendut, mengasup susu perlu dihindari apalagi jika diminum pada malam hari. Tidak hanya itu, meminum susu sebelum tidur akan memicu gangguan pencernaan dan sulit tidur.

7. Pasta

Bagi anda yang mempunyai keinginan untuk meningkatkan berat badan, mengasup makanan berkarbohidrat akan membantu anda. Akan tetapi, bagi anda yang takut gendut, tidak dianjurkan untuk mengasupnya. Pasta merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat dan kalorinya lebih padat. Satu piring kecil pasta saja bisa mengandung 400 kalori. Waktu yang tepat mengasup pasta adalah sebelum atau setelah berolahraga. Pasalnya, dalam kondisi tersebut tubuh anda memerlukan asupan karbohidrat yang cukup banyak.

8. Daging

Menu makan malam yang sebaiknya dihindari adalah daging. Daging, merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Apabila anda mengasup daging sebelum tidur, maka kandugan protein yang terdapat di dalam daging membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga menjadikan tidur anda tidak nyenyak.