Bau mulut sering kali dialami oleh sebagian besar orang. Pada dasarnya, masalah ini sangat mengganggu penampilan dan aktivitas setiap harinya, utamanya saat berbincang-bincang dengan orang lain. Tak hanya membuat kita merasa tidak nyaman, bau mulut juga bisa menjadikan kita malu.

Tak sedikit yang beranggapan bahwa penyebab bau mulut adalah adanya infeksi pada gigi dan gusi dan gigi berlubang. Tapinya, masih banyak penyebab lainnya yang mengakibatkan seseorang mempunyai aroma mulut yang tidak sedap.

Salah satu faktor utama yang bisa menyebabkan timbulnya masalah bau mulut adalah makanan yang diasup setiap harinya. Ada banyak makanan penyebab bau mulut yang perlu kita hindari apabila ingin aroma mulutnya tetap segar dan tidak bau, misalnya seperti jengkol, bawang bombai, durian, petai, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, masih banyak jenis makanan lainnya yang berimbas pada aroma mulut yang tak sedap. Bahkan beberapa makanan di bawah ini jarang diketahui oleh banyak orang jika mengasup makanan tersebut dapat memicu timbulnya aroma tak sedap di dalam mulut. Yuk simak ulasannya dibawah ini terkait makanan penyebab bau mulut yang tentunya harus dihindari.

1. Bawang

Salah satu makanan penyebab bau mulut adalah bawang, termasuk bawang putih, bawang bombai, dan bawang merah. Apabila mengasup bawang dalam jumlah yang berlebihan, maka mulut anda akan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Bahkan aroma bau yang dihasilkan bawang putih dapat bertahan hingga beberapa jam meski sudah menggosok gigi.

2. Junk Food

Meski memiliki rasa yang enak, tapinya junk food merupakan makanan penyebab bau mulut dan bau badan lho. Pasalnya, jenis makanan yang satu ini mengandung lemak tidak sehat yang memaksa sistem cerna di dalam tubuh untuk bekerja mengolahnya secara ekstra. Namun tak sedikit masyarakat yang menyadari akan hal ini.

3. Daging merah

Daging merah juga diklaim sebagai salah satu makanan yang menyebabkan munculnya aroma tak sedap pada mulut. Pasalnya, daging merah cukup sulit dicerna di dalam tubuh dan dapat mengeluarkan gas yang kurang sedap di dalam tubuh. Selain keluar aroma tak sedap dari mulut, biasanya aroma bau juga bisa muncul dari keringat yang keluar dari tubuh kita.

makanan-penyebab-bau-mulut

4. Permen

Permen tidak hanya mampu merusak kesehatan gigi, tapinya juga dapat menyebabkan bau mulut yang sangat mengganggu. Hal ini disebabkan oleh kandungan gula yang dimiliki permen. Ketika berinterasksi dengan gula, maka bakteri pada mulut akan mengeluarkan zat yang menjadikan mulut mengeluarkan aroma tak sedap.

5. Makanan berserat

Perlu kita ketahui, mengasup makanan berserat juga dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap. Pasalnya, serat mengandung karbondioksida, metana, serta hidrogen yang menghasilkan gas saat dicerna di dalam tubuh.

6. Kopi

Bagi anda para pecinta kopi, perlu mengetahui akan hal ini. Kopi merupakan minuman nikmat yang faktanya bisa menjadi penyebab bau mulut. Pasalnya kandungan asam dan enzim yang dimiliki kopi akan menyatu dengan saliva di dalam mulut sehingga memunculkan aroma yang tidak sedap.

7. Produk susu

Makanan penyebab bau mulut yang berikutnya adalah produk olahan susu. Sejatinya, susu termasuk sebagai minuman sehat, namun apabila diasup secara berlebihan, maka akan menyebabkan mulut bau dan bau badan. Namun anda bisa melenyapkan aroma tak sedap pada mulut anda dengan memperbanyak konsumsi air putih setelah mengasup susu atau makanan olahan lainnya, seperti keju.