Radang tenggorokan atau yang dikenal dengan nama faringitis merupakan salah satu bentuk gangguan kesehatan yang paling kerap dilanda balita. Disaat seseorang mengidap penyakit ini, biasanya akan mengalami gangguan juga pada lidah, amandel, dan rongga mulut bagian dalam, sehingga membuat nafsu makan seseorang menurun dan menimbulkan demam.

Tak hanya itu, radang tenggorokan juga dapat mengganggu proses menelan makanan dan minuman yang diasup dan bahkan bisa mengganggu penderitanya pada saat berkomunikasi. Nah, sebenarnya ada beberapa penyebab radang tenggorokan yang sangat penting untuk kita ketahui, salah satunya adalah faktor makanan. Di bawah ini akan dibahas terkait makanan penyebab radang tenggorokan yang perlu dihindari.

1. Makanan berlemak

Mengasup makanan berlemak akan memperparah penyakit radang tenggorokan yang anda derita. Dalam hal ini, anda harus menghindari makanan berlemak seperti daging merah, susu tinggi lemak, gorengan, dan makanan yang digoreng lainnya. Jenis makanan yang satu ini akan menjadikan sistem pencernaan kesulitan untuk mengolah makanan.

Seharusnya, ketika sedang sakit, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mudah untuk dicerna guna mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Apabila anda ingin mengasup daging, sebaiknya konsumsi daging yang tidak mengandung lemak, seperti ayam, ikan, maupun kalkun. Sedangkan untuk produk susunya, pastikan untuk memilih susu rendah lemak.

2. Makanan Pedas

Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan mengasup makanan pedas, maka akan mampu melenyapkan rasa gatal serta batuk yang diakibatkan oleh radang tenggorokan. Untuk itu, pastikan anda tidak mengkonsumsi makanan pedas ketika mengalami radang. Pada dasarnya, makanan pedas hanya akan memperburuk rasa sakit pada tenggorokan anda.

3. Makanan asam

Makanan asam juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan anda semakin parah. Mengasup makanan dan minuman asam seperti buah jeruk, permen karet, dan jus lemon dapat menimbulkan rasa gatal saat anda mengalami sakit tenggorokan. Tak hanya itu, anda juga perlu menghindarkan makanan yang mengandung cuka, pasalnya makanan seperti itu akan mampu memperparah rasa sakit pada tenggorokan anda ketika menelan makanan.

4. Makanan garing atau kering

Makanan penyebab radang tenggorokan juga salah satunya adalah makanan kering, seperti gorengan, kacang-kacangan, keripik, biskuit, dan lain sebagainya. Supaya sakit pada tenggorokan anda tidak semakin parah, konsumsilah makanan yang miliki tekstur lembut ketika ditelan. Pastikan juga untuk mengasup makanan yang kaya akan kandungan air.

5. Produk susu

Pantangan makanan dan minuman yang harus dihindari ketika mengalami radang tenggorokan adalah produk olahan susu. Mengasup susu ketika tenggorokan sakit, maka akan menyebabkan peningkatan produksi lendir yang secara langsung mampu memicu rasa gatal di bagian tenggorokan anda.

6. Minuman berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh memang mampu meminimalisir rasa nyeri ketika sedang sakit tenggorokan. Tapinya, manfaat itu hanya akan didapat sementara saja dan rasa gatal dan sakit akan semakin terasa selang beberapa waktu setelah meminumnya. Untuk itu, sebaiknya anda menghindari jenis minuman yang satu ini dan menggantinya dengan minuman jahe hangat yang akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan anda.

7. Minuman beralkohol

Bagi anda para pecinta minuman beralkohol, sebaiknya berhenti meminumnya ketika sedang mengalami radang tenggorokan. Pasalnya, jenis minuman yang satu ini akan memperparah rasa sakit pada tenggorokan anda. Oleh sebab itu, sangat penting bagi anda untuk menghindarinya agar proses penyembuhan dari penyakit tersebut bisa berlangsung lebih cepat.