Bagi setiap orang, kecantikan kulit dan wajah hal yang utama dan paling krusial. Hal inilah yang menjadikan banyak orang melakukan beragam perawatan kulit untuk mendapat kulit yang cantik dan terluputkan dari beragam masalah kulit yang mengancam.

Miliki kulit wajah yang cantik dan sehat bukanlah perkara yang mudah. Anda diwajibkan untuk melakukan perawatan kecantikan dan menghindarkan segala sesuatu yang mampu merusak kesehatan kulit dan kecantikannya, salah satunya adalah pola hidup yang buruk. Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang dapat merusak kecantikan kulit yang perlu anda hindari.

1. Begadang

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak kecantikan kulit adalah begadang. Tak hanya berimbas buruk untuk kecantikan, begadang juga tidak baik untuk kesehatan. Sejatinya kebiasaan ini akan menghambat regenerasi sel kulit yang berlangsung pada malam hari. Kondisi ini mengakibatkan kulit menjadi kering dan muncul tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan noda hitam. Karena itu, sebaiknya kebiasaan buruk ini dihindari jika begadang tidak ada sesuatu yang penting.

2. Tidak membersihkan make up ketika tidur

Kecantikan kulit bisa rusak apabila memiliki kebiasaan tidak membersihkan bekas make up ketika tidur. Apabila hal ini menjadi kebiasaan yang mendarah daging, maka akan timbul beragam masalah jerawat yang tentunya sangat mengganggu, seperti kerutan, jerawat, komedo, dan flek hitam. Hal itu disebabkan oleh make up yang telah bercampur dengan keringat, polusi, dan kotoran sehinngga akan merusak kecantikan kulit wajah anda.

3. Terlalu kasar ketika menggunakan masker wajah

Salah satu cara merawat kecantikan kulit ialah dengan memanfaatkan masker wajah. Dengan perawatan tersebut, maka sel kulit mati akan terluputkan dan dapat mencerahkan kulit serta mengatasi beragam masalah pada kulit lainnya. Tapinya, apabila anda salah dalam melakukan perawatan wajah, seperti menggunakan masker wajah yang kasar akan menjadikan kulit anda rusak. Tak hanya itu, hal itu juga mampu membuat kulit menjadi luka akibat penggunaan masker wajah yang terlalu kasar.

4. Penggunaan make up yang sudah kadarluarsa

Disadari atau tidak, masih banyak wanita yang menggunakan make up yang sudah kadarluarsa. Penggunaan make up yang seperti ini memang bisa mempercantik tampilan wajah anda, tapinya akan menimbulkan efek samping yang buruk bagi kecantikan kulit anda, bahkan bisa mengakibatkan penyakit yang mengerikan, seperti kanker kulit.

5. Konsumsi Alkohol

Mengasup minuman beralkohol dalam jumlah yang berlebihan akan menjadikan kulit dehidrasi. Tidak hanya itu, kesegaran kulit pun akan terluputkan dan akan muncul keriput serta garis-haris halus. Alkohol juga bisa menyebabkan jerawat karena mampu memperlebar pembuluh darah. Yang lebih menakutkan lagi, konsumsi alkohol juga dapat menimbulkan beragam penyakit kulit seperti eksim, rosacea, dan juga psoriasis.

6. Merokok

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang tentunya harus dihindarkan apabila ingin menjadikan kulit sehat dan cantik. Pasalnya, rokok akan membentuk enzim matrix metalloproteinases yang akan merusak kolagen pada kulit. Alhasil, kulit wajah akan menjadi keriput, muncul flek hitam, keriput, dan garis-garis halus yang mengganggu penampilan anda setiap harinya. Tidak hanya itu saja, merokok juga mampu menghambat proses peremajaan sel kulit serta meningkatkan resiko terjangkit kanker kulit dan masalah kesehatan lainnya.

7. Kurang minum air putih

Pada dasarnya, kulit membutuhkan cairan yang cukup guna mempertahankan elastisitas dan keremajaannya. Kurang minum air setiap harinya akan mampu mengakibatkan kulit kusam dan kering. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kecantikan kulit yang maksimal, perbanyaklah minum air putih agar menjadikan kulit wajah tampak lebih segar dan bercahaya.