Umumnya, setiap orang tidak ingin memiliki perut yang buncit, baik itu pria maupun wanita. Sebenarnya, ada beragam faktor yang jadi penyebab perut buncit, seperti mengasup makanan berlemak dan junk food, jarang berolahraga, dan gaya hidup tak sehat.

Memang, cara mengecilkan perut buncit dan memberantas lemak pada perut sangatlah sulit. Berolahraga secara rutin tanpa dibarengi dengan mengasup makanan yang tak sehat tidak akan menghasilkan efek apapun. Untuk itu, sebaiknya anda menghindari masalah perut buncit daripada menanggulanginya. Dibawah ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus dihilangkan untuk mencegah perut buncit.

1. Makan di atas jam 10 malam

Tak jarang orang yang suka mengasup makanan berat di tengah malam. Kebiasaan inilah yang akan menyebabkan perut anda menjadi buncit. Pasalnya, makanan yang diasup di malam hari, tidak dapat dicerna dengan baik dan memicu peningkatan berat badan, utamanya adalah menjadikan perut anda semakin membesar.

2. Asupan gula berlebih

Kebanyakan orang suka mengasup makanan atau minuman yang manis. Yang perlu anda ketahui, gula yang diasup adalah satu biang keladi dari perut yang buncit. Berupaya untuk mengecilkan perut buncit, tapinya tetap mengkonsumsi makanan dan minuman manis berlebih, rasanya mustahil akan berhasil.

Untuk itu, anda perlu menghindari kebiasaan buruk tersebut, lantaran gula aktif berkontribusi untuk meningkatkan timbunan lemak di dalam perut. Memang, mengasup makanan dan minuman manis sangatlah nikmat, tapinya jika dikonsumsi secara berlebih akan membahayakan kesehatan dan memicu beragam jenis penyakit yang mengerikan.

3. Gemar mengkonsumsi hidangan penutup

Setiap orang yang memiliki kebiasaan mengasup kudapan penutup setelah makan malam atau siang merupakan salah satu pemicu penimbunan lemak di perut. Umumnya, jenis makanan yang satu punya rasa yang manis dan tinggi akan kalorinya. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut menjadikan seseorang menjadi gemuk sampai obesitas. Untuk itu, betapa pentingnya anda menghindarkan makanan penutup yang manis untuk menghindari dan mengatasi perut buncit.

4. Minum bir berlebih

Bir merupakan salah satu jenis minuman yang bisa menjadikan perut anda buncit. Kebiasaan buruk inilah yang terkadang tidak disadari oleh sebagian besar orang yang gemar minum bir. Pasalnya, jenis minuman yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga merangsang penumpukan lemak yang cepat pada perut. Tak heran jika mereka yang setiap harinya minum bir, punya perut buncit, baik itu pria maupun wanita.

5. Jarang berolahraga

Bagi anda yang memiliki masalah perut buncit dan ingin mengatasinya, rutinlah berolahraga sehingga lemak pada perut anda akan mudah terbakar dan memperlancar peredaran darah serta metabolisme di dalam tubuh. Oleh karena itu, mulai saat ini luangkanlah sedikit waktu anda untuk berolahraga, paling tidak 30 menit setiap paginya.

6. Makan ketika sedang stres

Kebiasaan buruk lainnya yang memicu perut buncit adalah mengasup makanan saat sedang stress. Kebiasaan inilah yang tanpa disadari akan menjadikan berat badan melonjak. Biasanya, saat sedang stress, makanan yang diasupnya adalah jenis makanan yang tak sehat, yakni yang mengandung gula atau garam yang tinggi, sehingga menjadikan perut anda semakin membuncit.

7. Setelah makan langsung tidur

Memang pada dasarnya, setelah mengasup makan siang atau makan malam, mata pun menjadi tidak bersahabat. Munculah rasa ngantuk dan keinginan untuk tidur. Padahal, kebiasaan ini sangat tidak baik diterapkan lantaran akan memicu perut buncit. Tak hanya itu, tidur setelah makan juga dapat mendongkrak kadar gula darah di dalam tubuh, sehingga dapat memicu penyakit diabetes.