Ketika mengalami siklus menstruasi, setiap wanita harus menjaga pola makan dengan baik. Pantangan saat haid ini berguna untuk memaksimalkan dan memperlancar proses keluarnya hasil peluruhan dari dinding rahim yang tidak dibuahi.

Pada dasarnya, menstruasi merupakan suatu perubahan fisiologis yang dipengaruhi oleh hormon Progesteron dan Esterogen. Disaat wanita mengalami masa haid, tentunya tubuh akan mudah merasa lelah dan membuat suasana hati tidak stabil.

Tak hanya itu saja, biasanya pada hari pertama setiap wanita akan mengeluhkan rasa sakit, keram pada perutnya, dan juga sakit kepala, dimana kondisi tersebut disebabkan oleh kontraksi rahim. Hal yang demikian biasanya dikenal dengan nama PMS (Premenstrual syndrome).

Sejatinya, rasa sakit bisa diminimalisir bahkan dihilangkan ketika siklus menstruasi datang, apabila anda menjaga pola makan dan mengasup makanan yang sehat dan tepat. Lalu apa saja makanan pantangan makanan yang harus dihindari ketika sedang haid. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Makanan yang diolah dengan cara dipanggang

Salah satu makanan yang dilarang saat haid adalah jenis makanan yang dalam pengolahannya dilakukan dengan cara dipanggang. Pasalnya, jenis makanan yang satu ini mengandung lemak trans yang sangat tinggi. Kandungan lemak tersebut mampu mendongkrak produksi hormon estrogen di dalam tubuh. Nah, hormon estrogenlah yang membuat rahim anda terasa sakit ketika sedang haid. Oleh karena ini, sangat dianjurkan anda untuk tidak mengkonsumsi makanan yang dipanggang selama siklus haid berlangsung.

2. Gorengan

Pantangan menstruasi dalam hal makanan yang selanjutnya adalah anda tidak dianjurkan untuk mengasup makanan yang digoreng. Sebab, jenis makanan yang satu ini juga miliki kandungan lemak yang tinggi. Makanan yang digoreng, seperti kentang, bakwan, ayam goreng, pisang goreng, dan lain sebagainya lebih baik dihindari untuk menstabilkan tingkat hormon esterogen di dalam tubuh. Dengan menghindari makanan yang digoreng, maka rasa kram dan nyeri pada perut anda selama haid akan mampu teratasi dengan baik.

3. Makanan dan minuman berkafein

Ketika sedang haid, anda juga dilarang untuk mengasup makanan dan minuman yang mengandung kafein. Pasalnya, kafein mempunyai efek yang dapat mempersempit pembuluh darah. Pada saat kondisi itu terjadi, maka akan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi yang dialami selama siklus haid datang akan mampu menimbulkan depresi ringan dan berimbas pada sakit kepala.

4. Makanan olahan dan kalengan

Makanan yang dilarang saat haid berikutnya adalah makanan kaleng dan olahan. Dengan mengasup jenis makanan yang satu ini, maka tubuh akan mendapatkan asupan sodium yang tinggi. Selama sedang haid, sodium harus dihindari karena akan menimbulkan retensi air yang menjadikan tubuh mengalami pembengkakan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk anda tidak mengasup makanan tersebut selama haid, karena kandungan MSG didalamnya sangat tinggi.

5. Biji-bijian olahan

Pada dasarnya, biji-bijian yang sudah diolah akan mengalami kehilangan nutrisi yang dimilikinya. Hal tersebut mampu memicu kadar gula dalam darah tidak stabil saat anda mengasup biji-bijian olahan selama siklus haid sedang berlangsung. Tidak stabilnya kadar gula darah di dalam tubuh akan sangat berpengaruh pada menurunnya nafsu makan ketika sedang haid.

Setelah sudah mengetahui pantangan saat menstruasi seperti yang diulas di atas, tentunya anda diwajibkan untuk berhati-hati dalam memiliki makanan. Sebaiknya, hindari untuk mengasup makanan yang telah disebutkan diatas agar siklus haid yang berlangsung tidak menyiksa dan mengganggu aktivitas anda.