Stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang dapat didera apabila terjadi penyumbatan pembuluh darah pada otak, yang kemudian pecah. Faktanya, penyakit ini dapat dipicu oleh makanan tidak sehat yang diasup setiap harinya.

Sebagai upaya untuk mencegahnya, ada baiknya jika anda menjauhkan diri untuk mengasup sejumlah jenis makanan yang diyakini menjadi pemicu stroke dan penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang perlu dihindari seperti yang dilansir di laman kompas.

1. Daging merah

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan di Harvard School of Public Healt menyebutkan bahwa apabila seseorang mengasup 5 sampai 6 ons atau lebih daging merah setiap harinya, maka risikonya memiliki penyakit stroke adalah 28 persen. Salah satu penyebabnya adalah kandungan lemak jenuh yang tertumpuk, berubah menjadi plak protein pada pembuluh darah, sehingga menghambat aliran darah pada arrteri.

2. Makanan yang tinggi kadar gulanya

Faktanya, mengasup makanan yang kaya akan kandungan gulanya mampu meningkatkan glukosa di dalam darah dengan waktu yang cepat. Hal ini secara tidak langsung bakal berimbas pada rusaknya pembuluh darah, memicu diabetes, menimbulkan struk, merusak jaringan sel, serta memicu penyakit jantung.

3. Makanan berpengawet

Tak dapat dipungkiri, memang sebagian besar orang suka mengasup makanan berpengawet seperti sosis, makanan berkaleng, nuget, dan lain sebagainya, yang tanpa disadari dapat memicu penyakit stoke. Untuk itu, sebaiknya anda kurangi, kalau perlu hindari makanan seperti ini jika tak ingin mengidap penyakit berbahaya ini.

4. Gorengan dan kerupuk

Jenis camilan yang satu ini tentunya selalu menjadi makanan yang difavoritkan sebagian besar orang, karena rasanya yang enak. Namun tanpa disadari, mengasup gorengan serta kerupuk menjadi salah satu pemicu stroke akibat lemak jenuh yang terkandung didalamnya. Lemak tersebut juga bakal menimbulkan penyumbatan pembuluh darah, yang juga berimbas pada timbulnya kolesterol jahat.