Bagi anda penderita asma, dibutuhkan kehati-hatian dalam mengasup jenis makanan. Walaupun penyakit asma mudah kambuh akibat polusi atau melakukan perjalanan jauh, tapi ternyata ada beberapa makanan yang dapat memperparah penyakit ini.

Tak sedikit orang yang belum memahami apabila penyakit ini bisa kambuh karena mengasup makanan tertentu. Banyak kita jumpai beragam jenis makanan sehat, tapinya tidak semua makanan tersebut aman untuk penderitas asma. Selain perlu menghindari asap rokok, polusi, dan makanan berbahan kimia, pengidap penyakit asma juga perlu mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat memperparah asmanya.

Sejatinya, penyakit asma merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini terjadi akibat peradangan kronis sehingga menjadikannya pengidapnya kesulitan dalam bernapas. Gejala penyakit asma setiap orang berbeda-beda, biasanya ditandai dengan sesak nafas, batuk, dan pusing. Nah, dibawah ini adalah beragam jenis makanan penyebab asma yang tentunya perlu dihindari di dalam menu makanan anda setiap harinya.

1. Kerang

Bagi anda penderita asma, sebaiknya hindari kerang meskipun anda sangat menyukainya. Mengasup kerang sangat berbahaya apabila dikonsumsi anda yang menderita penyakit asma, pasalnya jenis makanan yang satu ini bisa memperparah kondisi anda. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa yang terkandung di dalam kerang yang berimbas buruk bagi seseorang yang menderita asma.

Hindarikan 7 Makanan Ini Bagi Anda Penderita Asma 1

2. Makanan bersantan

Selain bisa menjadi penyebab darah tinggi atau kolesterol, mengasup makanan bersantan ternyata juga bisa membuat asma sering kambuh. Apabila anda ingin mengkonsumsinya, pastikan untuk tidak berlebihan lantaran kandungan lemak jenuhnya yang mempengaruhi kondisi asma yang anda derita. Lebih baik, anda bisa mengganti santan dengan susu jika anda ingin memasaknya sendiri agar lebih aman untuk kesehatan anda.

Hindarikan 7 Makanan Ini Bagi Anda Penderita Asma 2

3. Udang

Selain kerang, udang juga menjadi jenis makanan laut yang dapat memperparah kondisi penyakit asma anda. Untuk itu, sebaiknya anda tidak mengasup makanan laut yang satu ini dan lebih baik menggantinya dengan ikan salmon ataupun jenis ikan lainnya yang mengandung omega-3 untuk menunjang kesehatan anda.

Hindarikan 7 Makanan Ini Bagi Anda Penderita Asma 3

4. Kacang

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penderita asma yang mengasup kacang akan memperburuk kondisinya. Tapinya tidak semua jenis kacang berbahaya bagi kesehatan penderita asma. Beberapa jenis kacang tersebut diantaranya walnut, kacang tanah, dan lain sebagainya yang bisa memicu asma anda kambuh.

Hindarikan 7 Makanan Ini Bagi Anda Penderita Asma 4

5. Wine

Wine juga menjadi salah satu jenis minuman yang dapat membuat penyakit asma anda kambuh. Jenis minuman yang satu ini dapat memicu batuk dan juga bersin-bersin. Ketika kondisi tersebut semakin parah, maka asma yang anda derita semakin parah. Untuk itu, sebaiknya anda menghindari konsumsi minuman ini mencegah kambuhnya asma anda.

Hindarikan 7 Makanan Ini Bagi Anda Penderita Asma 5

6. Susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman sehat yang direkomendasikan lantaran kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi. Tapinya susu ternyata tidak baik untuk anda penderita asma. Pasalnya, susu dan jenis makanan lainnya yang mengandung susu dapat membuat asma anda kambuh sewaktu-waktu. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium dalam tubuh, anda bisa menggantinya dengan makanan lain yang sesuai dengan saran dokter.

Hindarikan 7 Makanan Ini Bagi Anda Penderita Asma 6

7. Telur

Telur diklaim sebagai salah satu makanan sehat yang tinggi akan kandungan protein. Tapinya, bagi penderita asma, jenis makanan yang satu ini bisa menyebabkan terjadinya alergi. Oleh sebab itu, agar tidak memperparah kondisi asma anda, sebaiknya tidak mengasup telur dan menggantinya dengan makanan lainnya yang disarankan oleh dokter.

Hindarikan 7 Makanan Ini Bagi Anda Penderita Asma 7