Punya kulit wajah yang bersih dan terhalau dari masalah jerawat yang membandel adalah harapan setiap orang, utamanya wanita. Pasalnya, wanita selalu memperhatikan penampilan mereka di setiap momennya. Untuk itu, tak heran bila beragam perawatan wajah dilakukan untuk memiliki kulit yang cerah, bersih, serta terbebas dari jerawat.

Sejatinya, untuk memiliki kulit wajah yang terbebas dari jerawat, tidak cukup dengan melakukan perawatan saja. Tapinya, setiap wanita juga harus menghindarkan beberapa kebiasaan buruk serta pola hidup yang tidak sehat, seperti begadang, terkena polusi, terpapar cahaya matahari, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, kecantikan kulit wajah juga dipengaruhi oleh makanan yang diasup setiap harinya. Oleh karena itu, ada beragam jenis makanan yang perlu dihindari agar terhindar dari jerawat yang membandel dan mendapatkan kulit wajah yang bersih dan cantik. Yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Makanan berlemak

Untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah, bersih dan terbebas dari jerawat, anda perlu menghindarkan makanan berlemak. Apabila anda mengasup makanan berlemak, maka produksi minyak pada kulit akan melonjak, sehingga menimbulkan kulit yang gelap dan kusam, serta memicu beragam masalah wajah seperti komedo, jerawat, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menghindari makanan ini, khususnya gorengan.
2. Alkohol

Minuman beralkohol merupakan salah satu jenis minuman yang harus dihindari ketika ingin terluputkan dari noda jerawat yang mengancam kecantikan kulit wajah anda. Tak hanya berpengaruh buruk untuk kecantikan kulit, alkohol juga memicu timbulnya beragam jenis penyakit berbahaya seperti obesitas, serangan jantung, diabetes, hipertensi, stroke, dan masih banyak lagi. Lebih dari itu, alkohol juga akan membuat kulit anda rusak, keriput, dan juga kering.

3. Junk Food

Meskipun memiliki rasa yang nikmat, tapinya junk food merupakan salah satu jenis makanan yang sangat merugikan, baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan. Pasalnya, jenis makanan yang satu ini sama sekali tidak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, namun hanya mengandung kandungan garam yang tinggi.

Tidak hanya dapat menimbulkan beragam penyakit yang membahayakan, seperti stroke, hipertensi, dan diabetes, tapinya makanan ini juga berimbas buruk untuk kecantikan kulit. Mengasup junk food terlalu sering dan berlebihan, akan menjadikan kulit anda menjadi kusam dan kering, sehingga akan memunculkan jerawat serta masalah kulit yang lainnya.

4. Garam

Selain makanan berlemak, garam atau makanan yang asin juga tak hanya punya dampak buruk untuk kesehatan, tapinya juga untuk kecantikan kulit. Perlu anda ketahui, jenis makanan yang satu ini bisa memicu terjadinya pengerasan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan penyakit jantung dan juga hipertensi. Sementara untuk kecantikan, makanan ini bisa memicu dehidrasi yang menjadikan kulit kering dan keriput.

5. Susu

Tak seperti alkohol, susu termasuk dalam salah satu minuman yang krusial untuk menyehatkan tubuh. Tapinya, buat sebagian orang, jenis minuman yang satu ini bisa menimbulkan alergi. Tak hanya itu, seringkali susu juga bisa menimbulkan jerawat membandel pada wajah. Untuk itu, bagi anda yang mempunyai alergi terhadap susu, sebaiknya dihindarkan saja.

6. Makanan dan minuman manis

Masalah pada wajah, seperti jerawat juga faktanya dapat dipicu oleh makanan maupun minuman manis yang diasup secara berlebih. Mengapa demikian? Karena, dengan mengasup makanan atau minuman manis, maka akan menimbulkan darah kotor, sehingga membuat kulit menjadi kotor, timbul masalah jerawat, dan beragam masalah lainnya.