Ada beragam kebiasaan buruk yang sering kita dilakukan sebelum tidur, mulai dari nonton tv, main game, ngemil, maupun berselancar di media sosial. Namun yang perlu anda ketahui adalah sejumlah kegiatan tersebut akan berimbas buruk bagi kualitas tidur anda di malam hari.

Seperti yang dilansir dalam laman Rodale’s Organic Life, disebutkan bahwa ada 6 kebiasaan buruk sebelum tidur yang patut dihindari untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal sehingga anda mendapatkan tubuh yang bugar di keesokan harinya.

1. Ngemil

Tidak hanya dapat menjadikan tubuh anda gemuk, tapinya ngemil sebelum tidur juga bisa mengganggu kualitas tidur anda. Pasalnya, sisa-sisa makanan yang berjatuhan di tempat tidur anda akan menarik perhatian serangga-serangga seperti semut. Tentunya keberadaan semut akan membuat tidur anda tidak nyaman, sehingga waktu tidur pun semakin berkurang.

2. Nonton TV

Salah satu kebiasaan buruk yang patut dihindari pada malam hari sebelum anda tidur adalah menonton TV. W. Christopher Winter, seorang spesialis tidur menyebutkan bahwa layar televisi yang menyala memang akan menghibur diri, tapinya hal itu akan merangsang otak serta menghambat produksi melatonin, yakni hormon yang dibutuhkan untuk membuat tidur menjadi nyenyak.

3. Berselancar di media sosial

Menjelang tidur di malam hari, salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebagian besar orang adalah berselancar di media sosial, seperti Instagram, Facebook, maupun Path. Memang sangat mengasyikan, tapinya hal ini wajib anda hindari. Seorang ahli bernama Eric Kezirian dari University of Southern California, Amerika Serikat menyebutkan bahwa perangkat elektronik seperti laptop maupun handphone dapat memancarkan cahaya yang bisa mengganggu kualitas tidur anda di malam hari yang dikenal dengan ritme sirkadian.

“Penggunaan gadget maupun perangkat elektronik lainnya pada malam hari akan mengganggu kesadaran tubuh sehingga menjadikan anda sulit untuk tertidur. Cahaya yang dipancarakan dari perangkat tersebut mampu mempengaruhi produksi hormon melatonin di dalam tubuh seseorang,” ujarnya.

4. Bekerja

Lauren Stack, seorang pelatih produktivitas menyebutkan bahwa sebagian besar orang berpikiran bahwa bekerja di atas kasur akan menjadikan seseorang lebih produktif. Padahal, kebiasaan buruk tersebut bisa membuat seseorang bermalas-malasan dan menunda pekerjaannya selama hari kerja. Bekerja di kasur juga akan berimbas pada timbulnya resiko insomnia. Oleh karena itu, untuk mendapat kualitas tidur yang maksimal, sebaiknya hindari kegiatan tersebut di malam hari.

5. Tidur bersama hewan peliharaan

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang maksimal, hindarilah tidur bersama hewan peliharaan anda. National Sleep Foundation menuturkan bahwa mereka yang tidur dengan binatang peliharaannya akan membuat waktu tidurnya terganggu lantaran hewan tersebut akan membuat kegaduhan dan mengambil ruang tempat tidur anda.

Tak hanya itu saja, hewan peliharaan juga bisa membuat anda mengalami asma maupun alergi, sekalipun anda tidak memegangnya. Oleh karena itu, sebaiknya anda memberikan tempat tidur khusus untuk binatang peliharaan anda, sehingga kualitas tidur anda tetap maksimal, utamanya bagi anda yang mengidap insomnia.

6. Berdebat

Setelah melakukan rutinitas yang padat di siang hari, tak ada salahnya jika anda mengobrol bersama pasangan sebelum tidur di malam hari. Tapinya, upayakan untuk tidak berdebat atau mendiskusikan masalah yang memicu pertengkaran. Alangkah lebih baiknya, perdebatan tersebut dialihkan dengan berpelukan sehingga mampu meredakan ketegangan serta mampu membantu anda tidur lebih nyenyak lagi. Apabila ada masalah yang ingin dibicarakan, sebaiknya hal itu dilakukan di pagi harinya saja.