yandex
Gaya HidupKesehatan

Hindari 4 Makanan Ini Tuk Cegah Bau Mulut

Meskipun kita sudah rajin sikat gigi sebanyak 3 kali sehari seperti yang disarankan oleh para pakar kesehatan, tetap saja kita sering tampil tidak “ pede” akibat bau mulut. Nyatanya, bau mulut dapat ditimbulkan dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa makanan pemicu bau mulut yang perlu kita kenali :

1. Kopi

Salah satu fungsi utama dari liur ialah melenyapkan bakteri dari mulut. Kandungan kafein yang dimiliki kopi justru akan menghambat air liur sehingga bakteri dalam mulut semakin menjamur sehingga menimbulkan bau mulut yang membuat kita tidak “pede” dengan penampilan kita.

Untuk itu, jika ingin mulut anda tidak bau, hindari konsumsi kopi khususnya di pagi hari. Pasalnya, air liur di mulut lebih sedikit diproduksi di pagi hari, setelah kita bagun tidur. Untuk menangkalnya, usai minum kopi sikatlah gigi anda dan perbanyak minum air putih.

2. Keju

Salah satu makanan penyebab bau mulut ialah keju. Pasalnya, makanan yang satu mengandung asam amino yang dapat menghasilkan sulfur yang tidak stabil, sehingga menimbulkan bau pada mulut.

3. Wine

Selain minuman berkafein, nyatanya minuman beralkohol pun bisa membuat bau pada mulut. Konsumsi wine akan menyebabkan timbulnya bakteri pada gigi dan mengurangi tingkat produksi air liur di dalam mulut. Agar tidak bau, anda bisa minum banyak air putih guna membersihkan bakteri pada mulut setelah mengkonsumsi wine.

4. Steak

Tak hanya memiliki kandungan protein yang tinggi, nyatanya daging merah pun mengandung asam amino. Kandungan asam amino dalam daging ini dapat menimbulkan bau pada mulut. Serupa dengan produk susu dan keju, konsumsi steak juga akan memproduksi lebih banyak sulfur yang juga bereaksi dengan bakteri.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button