Hillary Clinton Mulai Kampanye Pilpres

Washington: Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Clinton memulai kampanye pemilu presiden pada Senin (13/4/2015).  Clinton sebelumnya mengumumkan untuk mencalonkan diri dalam Pilpres AS 2016.

Tetapi bukan hanya Clinton yang memulai kampanye pemilu. Seorang politikus Partai Republik, juga mengumumkan pencalonan diri.

Mantan Ibu Negara  AS tersebut mulai berkampanye di berbagai negara bagian dimulai dari Iowa, tempat asal kaukus presiden pertama AS.

Clinton mengumumkan pencalonannya sebagai kandidat Partai Demokrat pada Minggu (12/4/2015) dalam sebuah video online. Dirinya pun berjanji akan memperbaiki nasib kalangan menengah. Demikian diberitakan VOA Indonesia, Kamis (16/4/2015).

Clinton adalah calon Partai Demokrat pertama yang menyatakan, ikut dalam persaingan untuk menggantikan Presiden Obama yang mengalahkannya dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat 2008. Obama tidak akan mencalonkan diri lagi setelah dua masa jabatan sebagai presiden.

Sementara itu, persaingan makin ramai. Senator Marco Rubio dari Partai Republik mengatakan pada para donatur utamanya pada Senin (13/4/2015) bahwa ia mencalonkan diri untuk menjadi Presiden.

Rubio diharapkan untuk membuat pengumuman resmi dalam acara Senin malam di Miami di lokasi dimana pihak berwenang Amerika pertama kali mendaftar warga Kuba yang melarikan diri dari pemerintahan Fidel Castro pada tahun 1960-an. Rubio adalah senator Amerika keturunan Kuba.

FJR

Sumber : metrotvnews.com