Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Bikin Pikun

Jakarta: Lemak tidak jenuh ternyata bukan hanya menyebabkan kegemukan atau membahayakan kesehatan. lemak yang satu ini ternyata juga bisa mengikis memori seseorang sehingga membuatnya rentan pikun.

Lemak tidak jenuh atau trans fat terdapat di beberapa produk daging dan susu dalam jumlah sedikit. namun yang lebih berbahaya adalah trans fat olahan.

Kue. biskuit. margarin. dan makanan yang digoreng. seperti donat dan kentang goreng. tergantung proses pembuatannya. bisa mengandung trans fat yang tinggi.

Kesimpulan bahwa lemak tidak jenuh bisa mengikis memori seseorang didapat setelah diadakan studi terhadap 1.000 orang. Terbukti. konsumsi lemak tidak jenuh dapat memperburuk memori mereka yang berusia di bawah 45 tahun.

Bahkan. pada mereka yang terlalu sering mengonsumsi lemak tidak jenuh rata-rata melupakan 11 kata ketimbang yang tidak.

Namun. perlu diperhatikan studi ini memang belum bisa menjabarkan sebab dan akibat secara detail. Pasalnya. ketika diikutsertakan faktor seperti tekanan darah dan berat badan. hasilnya pun tidak signifikan. Bagaimanapun. lemak tidak jenuh tetap saja merusak sel tubuh dan memperparah stres. (SELF)

Sumber : Metrotvnews.com