Argentina meyakinkan lolos ke babak perempat final selepas unggul agregat 5-0 atas Panama, dalam pertandingan Grup D Copa America 2016 di Soldier Field, Chicago, pada hari Sabtu kemarin.

Tiga dari lima gol keunggulan Argentina pada pertandingan ini diperoleh oleh “Lionel Messi” (menit ke-68, 79, dan 87). Mengenai dua gol susulannya diciptakan oleh Nicolas Otamendi (7′) dan Sergio Aguero (90′).

Dalam pertandingan ini, Argentina memang tampil begitu dominan ketimbang lawannya. Berdasarkan statistik ca2016.com, Argentina membukukan pendominasian bola hingga 705.

Tim Tango juga melontarkan beberapa tendangan yang lebih banyak dari Panama. Seiring laga, Argentina melesatkan 12 tendangan berbanding lima kepunyaan lawannya.

Alhasil, kubu Gerardo Martino tak memerlukan waktu lama untuk mengawali keunggulan. Saat laga baru berlangsung tujuh menit, Otamendi sukses menjebol mistar gawang Panama. Bermula dari tendangan bebas yang dieksekusi Angel Di Maria di sisi kiri, bola kemudian sukses disambut Otamendi. Argentinaunggul 1-0 atas Panama.

Upaya Panama untuk menyetarai permainan Argentina kian sulit selepas salah satu gelandangnya, Anibal Godoy, menerima kartu kuning kedua pada menit ke-31.

Dalam replay, Godoy tampak sengaja melakukan gerakan brutal terhadap pemain sayap Argentina, “Nicolas Gaitan”. Panama pun terpaksa tampil dengan 10 pemain.

Pada babak kedua, Messi akhirnya menjalani debutnya di Copa America 2016. Ia masuk mengisi tempat Augusto Fernandez pada menit ke-61. Kemunculan Messi pun berpengaruh “positif” bagi timnya. Baru delapan menit memijakan sepatunya di lapangan, Messi langsung mempersembahkan gol kedua untuk Argentina.

Memnggunakan bola pantulan dari Gonzalo Higuain, Messi lalu melesatkan tendangan ke pojok kanan gawang yang tak mampu dihalau kiper Panama, Jaime Penedo.

Pada menit ke-79, Messi kembali bikin supporter Argentina “bersuara keras”. Pemain FC Barcelona itu sukses mengantongi gol ketiga bagi negaranya lewat eksekusi tendangan bebas.

Argentina pun kian di ambang “kemenangan”. Menjelang pertandingan berakhir, mereka sukses mencetak dua gol tambahan dalam waktu tiga menit. Dua gol tambahan Argentina itu dicetak oleh Messi pada menit ke-87, dan Aguero pada menit ke-90.

Keunggulan mutlak agregat 5-0 atas Panama meyakinkan slot tempat perempat final untuk Argentina. Argentina juga memuncaki klasemen Grup D Copa America 2016 dengan torehan enam poin dari dua pertandingan.

Argentina 5-0 Panama (Nicolas Otamendi 7′, Lionel Messi 68′, 79′, 87′, Sergio Aguero 90′)

Susunan Pemain

Argentina: 1-Sergio Romero; 4-Gabriel Mercado, 17-Nicolas Otamendi, 13-Ramiro Funes Mori, 16-Marcos Rojo; 14-Javier Mascherano, 8-Augusto Fernandez (10-Lionel Messi 61′); 7-Angel Di Maria (18-Erik Lamela 43′), 19-Ever Banega, 20-Nicolas Gaitan; 9-Gonzalo Higuain (11-Sergio Aguero 76′)

Pelatih: Gerardo Martino

Panama: 1-Jaime Penedo; 5-Roderick Miller, 17Luis Henriquez, 23-Felipe Baloy, 13-Adolfo Machado; 11-Armando Cooper (16-Abdiel Arroyo 76′), 20-Anibal Godoy, 14-Valentin Pimentel (2-Miguel Camargo 20′), 6-Gabriel Gomez, 19-Alberto Quintero; 7-Blas Perez (10-Luis Tejada 75′)

Pelatih: Hernan Gomez (Kolombia)

Wasit: Joel Aguilar (El Salvador)