Pertama kali mejeng di ajang Jakarta Motorcycle Show di tahun 2012, Honda Zoomer X Indonesia sempat mencuri perhatian masyarakat dan digandrungi oleh para konsumsi motor Honda di Tanah Air. Lalu seperti apa spesifikasi yang dimiliki pada motor ini? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Dari sisi desainnya sendiri, motor Honda Zoomer ini dirancang dengan dimensi panjang sebesar 1.831 mm, lebar 759 mm, dan tingginya mencapai 1.065 mm serta mempunyai jarak sumbu roda sebesar 1.257 mm. Menariknya, posisi tangki bahan bakar pada motor ini terletak berdekatan dengan pijakan kakinya.

Keunikan pada motor ini juga terlihat pada posisi bagasinya yang tersemat di bagian bawahnya dan untuk membukanya, penggunanya harus membuka jok dengan cara mengesampingkannya. Berbeda dengan Honda Vario dan Honda Beat, Honda Zoomer X tidak dibekali dengan bagasi depan. Sementara di bagian depannya terdapat speedometer yang mengusung desain retro dan dipercantik dengan sepasang spion yang berbentuk bulat.

Kemudian pada sektor dapur pacunya, Honda Zoomer X tergolong standar namun beragam fitur yang dimiliki motor ini terbilang sangat baik. Honda mempersenjatai motor ini dengan mesin jenis 4-Stroke, Over Head Cam (OHC), Air-Cooled yang mengandalkan isi silinder sebesar 110 cc.

Berbekal mesin tersebut, menjadikan konsumsi bahan bakarnya lebih hemat dan efisien, serta mampu menyemburkan tenaga optimal sebesar 6.14 Nm pada rotasi mesin 8.000 rpm, sementara untuk torsi optimumnya mencapai 8.58 Nm pada rotasi mesin sebesar 6.500 rpm.

Harga dan Spesifikasi Terlengkapnya Honda Zoomer X 1

Tak hanya itu, Honda juga mempersenjatainya dengan teknologi sistem pembakaran Injeksi yang mampu memaksimalkan efesiensi bahan bakarnya, sehingga menjadikannya lebih irit. Bahkan, hanya dengan menggunakan 1 liter bensin, motor ini mampu menjangkau jarak mencapai 53 Km berkat hadirnya teknologi injeksi yang mampu memaksimalkan penggunaan bahan bakarnya. Sedangkan untuk tangkinya sendiri, Honda membekalinya dengan tangki berkapasitas 4.4 liter yang tentunya akan mempermudah penggunanya ketika berkendara jauh.

Lanjut ke bagian suspensinya, Honda Zoomer X dijejali dengan suspensi yang berkualitas guna menjamin kenyamanan bagi setiap pengendaranya. Pada bagian depannya, Honda membekali motor ini dengan suspensi berjenis Telescopic Inveeted Fork sedangkan di bagian belakangnya, terbenam suspensi bertipe Mono Shock. Berkat hadirnya kedua suspensi ini, menjadikan motor ini semakin nyaman ketika dikendarai meskipun ketika membawa beban berat.

Dalam pemasarannya, Honda Zoomer X dihadirkan dalam dua varian, yaitu versi Standard dan CBS. Masing-masing varian motor tersebut hadir dengan dijejali sistem pengereman berjenis Rem Hydraulic Brake di bagian depannya. Sedangkan pada bagian belakangnya, Honda mengandalkan rem bertipe Mechanical Leading Trailing.

Masing-masing sistem pengereman tersebut tersemat di bagian roda jenis Tublles berdimensi 100/90 – 12 M/C 59J dan ban berukuran 110/90 – 12 M/C 64J di bagian belakangnya. Tak hanya itu, Honda juga merancang motor ini dengan menggunakan struktur ban yang tebal, sehingga menjadikannya mampu menghasilkan manuver yang baik.

Setara dengan harga Honda Zoomer X yang cukup mahal, menjadikan motor ini disenjatai dengan beragam fitur yang berkualitas untuk menjamin kepuasan dan kenyamanan para pengendaranya ketika berkendara. Salah satunya ialah penggereman Combination Brake System (CBS) untuk versi motor CBS. Namun untuk versi standarnya, motor ini tidak dibekali dengan fitur tersebut. Tak hanya itu, terbenam pula beragam fitur penunjang lainnya seperti side stand switch, Parking Brake, Key Shutter, dan juga Automatic Headlight On (AHO).