Hampir 8 Juta Mumi Anjing Ditemukan Di Situs Mesir Kuno
Illustrasi Mumi Anjing

DUAKALI.COM, Para peneliti baru-baru ini menemukan katakombe yang tak jau dari kuil pemujaan Anubis di Mesir. Dari temuan ini, terdapat hampir 8 Juta anak anjing dan anjing dewasa yang sudah menjadi mumi, selain itu ada dugaan bahwa di daerah tersebut mengandung fosil dari vertebrata laut kuno yang diperkirakan berusia lebih dari 48 juta tahun yang lali.

Seperti dilansir suara.com dari live science, Dugaan tersebut belum jelas apakah orang mesir melihat keberadaan fosil ketika mereka membangun makam untuk mumi anjing tersebut. Para peneliti mengatakan, banyak dari mumi itu hancur atau dicuri oleh perampok makam atau kaum industrialis yang menggunakan mumi itu untuk pupuk.

Meski begitu, para arkeolog telah menemukan bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa kultus hewan Anubis adalah bagian besar dari ekonomi Mesir kuno.

Orang Mesir Kuno membangun kuil dan katakombe menghormati Anubis di Saqqara, tanah pemakaman di ibukota Memphis. Para arkeolog juga menemukan katakombe dengan sisa-sisa mumi hewan lain seperti ibis (burung berkaki panjang), elang, babon dan banteng. Temuan ini menunjukkan orang Mesir kuno juga menyembah dewa hewan lainnya.

“Ketika Anda pergi ke Saqqara sekarang, Anda akan melihat daerah gurun menarik dengan piramida mencuat dan satu atau dua dari monumen terkenal, terkait dengan kultus hewan,” kata Paul Nicholson, seorang profesor arkeologi di Universitas Cardiff, Inggris yang juga merupakan peneliti utama dalam penelitian tersebut.

Tapi selama periode akhir (747-332 SM), berkunjung Saqqara kita akan melihat kuil, pedagang menjual patung dewa perunggu, imam melakukan upacara, orang yang menawarkan untuk menafsirkan mimpi dan pemandu wisata berdesak-desakan untuk melakukan bisnis.

“Ini akan menjadi tempat yang sibuk. Sebuah komunitas permanen orang hidup yang didukung oleh kultus pada binatang,” kata Nicholson kepada Live Science.