Hacker Italia Berhasil Pindahkan Cortana ke Android

Kita semua tahu bahwa iOS memiliki asisten digital bernama Siri, dan Microsoft memiliki asisten digital bernama Cortana. Kemampuan keduanya terus meningkat. Lantas bagaimana dengan Android?

Android sebenarnya juga memiliki layanan yang mirip dengan Siri dan Cortana yang mereka sebut Google Now. Meskipun demikian, kemampuan Android yang lebih mudah “dimodifikasi” membuat kehadiran asisten digital  semacam Cortana menjadi sangat mungkin.

Hal tersebut dibuktikan baru-baru ini oleh sekelompok hacker asal Italia yang menamakan dirinya sebagai OrangeSec. Mereka menghadirkan Cortana di Android. Cortana versi “bajakan” yang diberi nama Portana tersebut memang belum dapat tampil sebaik versi orisinilnya yang hanya ada di Windows Phone, namun berbagai fungsi dan fitur Cortana telah dapat digunakan Portana.

Meskipun telah dapat bekerja dengan sistem back-end milik Microsoft, Portana masih hanya dapat mengenal dan berbicara bahasa Italia. Agar dapat mengakses sistem back-end milik Microsoft, OrangeSec menggunakan berbagai teknik seperti proxies, custom SSL certificates, dan DNS spoofing.

Saat memamerkan Portana di acara Droidcon 2015, OrangeSec memaparkan bahwa teknologi asisten digital sangat mungkin hadir di Android, meskipun mereka pun tidak tahu apakah teknologi tersebut akan dihadirkan atau tidak. Sementara itu, belum ada tanggapan dari Microsoft mengenai hal ini. (SlashGear)

ABE

Sumber : metrotvnews.com