Dalam ajang Piala Eropa 2016, Timnas Polandia sukses menorehkan gelar jawara untuk pertama kalinya saat menaklukan Irlandia Utara dengan skor akhir 1-0. Kemenangan tersebut lantas menjadikan Polandia masuk ke laga berikutnya melawan Jerman.

Gelar jawara yang didapatkan saat melawan Irlandia Utara pun layaknya seperti melepaskan tanggung jawab yang berat bagi para skuad Polandia. Sebab, sejauh ini mereka belum mampu menuai hasil positif di ajang Euro.

“Kedepannya, laga melawan Jerman akan terasa amat sulit, layaknya kala kami berlaga melawan Irlandia Utara. Tapi sebelumnya kami sudah pernah melawan Jerman dan kami sudah paham betul dengan kepiawaian yang mereka miliki. Kami akan mempersiapkan diri semaksimal mungkin dengan memanfaatkan kondisi yang bagus ini. Target kami adalah menang dengan 3 poin,” papar Grzegorz Krychowiak, gelandang Polandia.

“Timnas Jerman ialah tim yang dijagokan oleh banyak pihak dan kami sangat menghargai mereka. Saat ini kami hanya berpikir bahwa Jerman akan menjadi seteru terberat kami. Sebab tak ada laga yang gampang, sehingga kami harus semaksimal mungking menorehkan kembali gelar jawara,” tambahnya.

Dalam pertandingan Polandia vs Irlandia Utara, Krychowiak sendiri dipercaya sebagai pemain terbaik. Permainanya di sektor tengah memang sangat krusial untuk Polandia, khususnya saat mereka harus berhadapan dengan Jerman yang memiliki pemain gelandang mumpuni, seperti Sami Khedira, Toni Kross, dan Bastian Schweinsteiger.

“Penghelatan laga kemarin hanyalah permulaan untuk kami. Karena kami optimis, kami bisa tampil lebih baik lagi. Kami tidak boleh telalu yakin dan kami bakal tetap berperan sebagai pemain di sebuah tim. Tidak hanya Robert Lewandowski, tapi semua pemain disini sama pentingnya,” tutupnya.