Di setiap keputusan yang sudah dipilih, tentu ada konsekuensi yang tetap harus kita jalani. Hal ini tengah dirasakan oleh Graziano Pelle yang memuruskan untuk berlabuh ke Liga China dengan membela Shandong Luneng. Konsekuensi yang harus diterimanya atas pilihannya tersebut adalah hilangnya kesempatan untuk berlaga di Timnas Italia.

Memang, keputusan yang diambil Pelle sempat membuat banyak pihak terkejut. Padahal, sebelumnya pun ia masih menjadi pemain inti bagi Southampton, sehingga banyak pihak yang menduga bahwa kepindahannya itu hanya didasari pada uang semata.

Pelatih anyar Timnas Italia, Ventura pun memberikan peringatan kepada Pelle atas keputusan yang sudah dibuatnya. “Setiap pemain harus memiliki ambisi untuk menjawarai laga dan kepindahannya sama sekali tiidak akan membantunya untuk mencapai hal itu. Saya pikir keputusan itu didominasi oleh faktor gaji besar yang diterimanya,” tutur Ventura.

“Hal yang sama pernah dirasakan oleh Alessandro Diamanti saat dirinya mengambil keputusan untuk berlaga di Liga China, ia  pun langsung kehilangan peluang untuk bermain di tim nasional,” tambah Ventura.

Terlepas dari hal itu, saat ini sangat menarik untuk dinantikan bagaimana strategi yang akan digunakan Ventura saat menukangi Timnas Italia nantinya. Sebelumnya, Antonio Conte bisa dikatakan berhasil memboyong Italia bermain dengan performa yang mengesankan, yakni dengan skema 3-5-2. Besar kemungkinan Ventura bakal kembali menggunakan formasi itu di musim mendatang.

Sementara itu, untuk komposisi pemain yang ada, sebelumnya pelatih telah menyatakan bahwa akan ada beberapa pemain dari skuad Euro 2016 yang nantinya tidak akan menjadi rencananya. Untuk menggantikannya, Ventura bakal mendatangkan beberapa pemain baru di Kualifikasi Piala Dunia 2018 mendatang.