Menjelang dihelatnya Euro 2016, Timnas Italia tidak diunggulkan untuk menjawarai kompetisi tersebut meskipun mereka adalah tim besar. Sebab, materi pemain yang dimiliki tim ini sangat lemah dan meragukan.

Memang harus diakui, lemahnya materi pemain yang terjadi di Timnas Italia ini dipicu oleh kurangnya pemain yang berpotensi dan punya teknik bermain yang luar biasa. Selain itu, beberapa pemain dalam skuadnya terpaksa harus absen dalam kompetisi tersebut diantaranya Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, Marco Verratti, dan juga Riccardo Montolivo.

Seperti yang kita ketahui, Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, dan Riccardo Montolivo merupakan pemain gelandang yang sudah banyak makan asam garam di dunia persebakbolaan. Sementara Verratti tentunya bisa menjadi pemain yang diandalkan untuk membawa Italia menjadi jawara.

Saat ini, Timnas Italia hanya memiliki dua pemain yang bisa diandalkan dalam kompetisi tersebut, yakni Thiago Motta dan Daniele De Rossi di sektor tengah berkat pengalaman dan potensi yang mereka punya.

Sementara itu, Gianluigi Buffon sendiri justru meyakini jika tim yang menempatnya sebagai penjaga gawang itu bakal sukses di Euro 2016. “Kami punya pemain yang hebat, ditambah dengan pelatih yang yang berkualitas. Kami memang kehilangan Verratti dan Marchisio akibat cedera yang dialaminya, namun kekuatan yang dimiliki Italia terdapat pada kerjasama tim ini,” ujarnya.

“Siapapun pemain yang bakal menempati posisi Verratti dan Marchisio, diharapkan akan memberikan performa terbaiknya. Kami sudah bisa ikhlas mengalami keterpurukan di Piala Dunia 2014 lalu, itulah yang akan kami jadikan sebagai pengalaman yang akan membuat kami tampil lebih baik lagi,” tambahnya.